Destinasi Wisata Kampung Silat Bakal Dibangun di Rawa Belong

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 07 Februari 2019 15:13 WIB | Dibaca 422 kali
Destinasi Wisata Kampung Silat Bakal Dibangun di Rawa Belong (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Jakarta Barat, tahun ini berencana membangun destinasi wisata Kampung Silat di Rawa Belong, Kebon Jeruk.

" "

Kepala Sudin Parbud Jakarta Barat, Ahmad Syaropi mengatakan, pihaknya memilih kawasan Rawa Belong karena secara historis terkenal dengan seni pencak silat asli Betawi. Bahkan, sampai sekarang masih banyak sanggar budaya Betawi di daerah tersebut.  

"Pendirian Kampung Silat untuk menciptakan destinasi wisata baru untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Ibukota," ujar Ahmad Syaropi, Kamis (7/2).

Ia mengungkapkan, nantinya wisatawan yang datang ke Rawa Belong dapat langsung menikmati pertunjukan yang ditampilkan para penggiat seni budaya Betawi, khususnya pencak silat.

Selain membangun Kampung Silat, lanjut Syaropi, pihaknya juga bakal menggelar Festival Pecinan dan Kali Besar untuk menunjang pariwisata di kawasan Kota Tua.

"Kami juga memiliki progam pengembangan mental dan karakter anak-anak melalui pelatihan seni budaya di RPTRA," tandasnya.

TOP