94 Meter Kubik Sampah Berhasil Diangkut dari Tiga Pulau

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Jumat, 07 Desember 2018 14:25 WIB | Dibaca 513 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sebanyak 94 meter kubik sampah berhasil diangkut dari tiga pulau oleh petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kabupaten Kepulauan Seribu. 

"94 meter kubik sampah ini diangkut dari Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa dan Pulau Kelapa dalam kegiatan ge rebek sampah"

Kepala Sudin LH Kabupaten Kepulauan Seribu, Yusen Hardiman menuturkan, sampah-sampah tersebut diangkut dari tiga pulau permukiman, yaitu Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa dan Pulau Kelapa.  

"94 meter kubik sampah ini diangkut dari Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa dan Pulau Kelapa dalam kegiatan gerebek sampah," tuturnya, Jumat (7/12).

Dijelaskan Yusen, rinciannya sebanyak 24 meter kubik sampah dari Pulau Tidung, 50 meter kubik sampah dari Pulau untung Jawa, dan 20 meter kubik sampah dari Pulau Kelapa. Sampah yang dikumpulkan berasal dari pesisir pantai dan langsung diangkut menggunakan kapal KM Bersih.

"Untuk mengangkut sampah itu kami mengerahkan lima unit gerobak motor dan satu unit kapal KM Bersih di tiap pulau," jelasnya.  

Ia menambahkan, sampah-sampah yang dikumpulkan tersebut kebanyakan berupa plastik dan kayu yang terbawa arus dari daratan. 

"Untuk sampah rumah tangga relatif sedikit dan masih bisa diolah," tandasnya.