RSUD Kebayoran Baru Luncurkan Layanan Berbasis IT

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 31 Agustus 2018 13:18 WIB | Dibaca 1695 kali
(Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, meluncurkan program lima layanan berbasis informasi dan teknologi (IT) dan program Kids Hospital Tour untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Program dan layanan tersebut kami luncurkan bertepatan dengan satu tahun berdirinya RSUD Kebayoran Baru "

Direktur RSUD Kebayoran Baru, Friana Asmely mengatakan, Kids Hospital Tour adalah sebuah program yang berfungsi memberikan edukasi tentang kesehatan sedari dini dan memberikan pengenalan profesi yang ada di Rumah Sakit.

"Kita ingin melalui program ini anak-anak mempunyai cita-cita dan pondasi dasar untuk memperhatikan masalah kesehatan di masa depan," ujarnya, Jumat (31/8).

Menurutnya, untuk lima layanan berbasis teknologi informasi yang diluncurkan yakni, rsudkebayoranbaru.jakarta.go.id, e-SKM, Sistem Rujukan Balik (SIROJALIK), SIDUKUN 3 in 1, dan Aplikasi PEMIO (Pengingat Minum Obat).

"Lima layanan berbasis IT ini dalam rangka meningkatkan pelayanan publik bidang kesehatan di Jakarta, khususnya Kebayoran Baru," terangnya.

Friana menjelaskan, situs rsudkebayoranbaru.jakarta.go.id adalah cara pengenalan melalui sistem digital yang wajib dimiliki untuk lebih mendekatkan diri ke masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi kesehatan di RSUD Kebayoran Baru.

Selanjutnya, e-SKM adalah produk inovasi survei kepuasan masyarakat berbasis digital. Hal ini guna memenuhi kemudahan pelayanan publik seperti harapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia yang sempat berkunjung beberapa waktu lalu.

SIROJALIK, lanjutnya, adalah standar sistem terintegrasi milik Dinas Kesehatan DKI Jakarta agar pelayanan semakin cepat dan akurat.

"Untuk program SIDUKUN 3 in 1 adalah program Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil DKI Jakarta untuk memudahkan bayi yang baru lahir untuk mendapatkan identitas diri lebih cepat dan terintegrasi," tambah Friana.

Ia menambahkan, untuk PEMIO (Pengingat Minum Obat) adalah aplikasi agar memudahkan pasien untuk dapat secara tepat waktu meminum obatnya.

"Program dan layanan tersebut kami luncurkan bertepatan dengan satu tahun berdirinya RSUD Kebayoran Baru. Kami memiliki melayani dengan hati sampai tuntas," tandasnya.