Kemendikbud Gelar Pameran Sejarah Asian Games di Museum Nasional

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : F. Ekodhanto Purba | Sabtu, 25 Agustus 2018 09:44 WIB | Dibaca 946 kali
(Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Sejarah menggelar pameran sejarah Asian Games di Museum Nasional, Jl Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat. Perhelatan yang digelar pada 18-28 Agustus 2018 tersebut mengusung tema "Olahraga dan Pembangunan Etos Bangsa (Energi yang Tak Pernah Padam).

" Kekompakan semua elemen masyarakat adalah kunci keberhasilan penyelenggaraan dan juga prestasi para atlet"

Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Hilmar Farid mengatakan Asian Games ini bukan hanya sebuah peristiwa olahraga tetapi juga bentuk unjuk kemampuan menyelenggarakan perhelatan internasional.

"Kekompakan semua elemen masyarakat adalah kunci keberhasilan penyelenggaraan dan juga prestasi para atlet," tuturnya, Jumat (24/8).

Direktur Sejarah Kemendikbud, Triana Wulandari menjelaskan pameran sejarah Asian Games ini menampilkan  berbagai foto, pemutaran video sejarah berupa dokumenter kejayaan Asian Games yang merupakan koleksi Arsip Nasional dan Perpustakaan Nasional.

Selain itu, perhelatan pameran ini juga bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai sejarah dan semangat nasionalisme ke generasi muda. 

"Kegiatan ini adalah langkah kita meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan juga wawasan sejarah masyarakat dalam konteks karakter kebangsaan," tandasnya.