Empat Rangkaian Kereta MRT Tiba di Terminal Tanjung Priok

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 20 Agustus 2018 14:07 WIB | Dibaca 1183 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Sebanyak empat rangkaian/set kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Sabtu (18/8) lalu.

"Keempat rangkaian kereta MRT yang baru tiba ini selanjutnya dibawa ke Depo MRT Jakarta secara bertahap "

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, keempat rangkaian kereta tersebut diangkut menggunakan kapal pengangkut SE Potentia selama kurang lebih 14 hari sejak diberangkatkan dari Toyohashi Jepang pada 4 Agustus 2018 lalu.

“Keempat rangkaian kereta MRT yang baru tiba ini selanjutnya dibawa ke Depo MRT Jakarta secara bertahap," tuturnya, Senin (20/8).

Dijelaskan William, setiap rangkaian/set-nya terdiri dari 6 kereta, sehingga dalam pengiriman kali ini terdapat 24 kereta. Hingga saat ini sudah empat kereta yang dibawa ke Depo MRT.

Kereta baru yang diproduksi oleh Nippon Sharyo Jepang untuk MRT Jakarta tersebut mulai diangkut pada tanggal 19 Agustus malam hingga 27 Agustus. Kedatangan empat rangkaian itu menyusul dua rangkaian kereta lainnya yang saat ini tengah digunakan dalam System Acceptance Test (SAT). Dengan demikian rangkaian Kereta MRT Jakarta saat ini telah berjumlah 6 rangkaian.

"Untuk Fase 1 MRT Jakarta (Lebak Bulus – Bundaran HI) akan menggunakan 16 rangkaian/set kereta, dimana 14 dioperasikan sedangkan 2 menjadi cadangan,” tandasnya.