Anies Resmikan Karya Seni Bambu Getah Getih

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 16 Agustus 2018 20:38 WIB | Dibaca 3834 kali
(Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan instalasi bambu "Getah Getih" di kawasan Bundaran HI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, karya seniman Joko Avianto.

" Pengerjaannya relatif cepat dan menjadi karya luar biasa"

Anies mengatakan, karya seni yang menghias Ibukota tersebut tak ternilai harganya dan sangat unik meski terbuat dari material yang kerap dipandang sebelah mata.

"Sore hari ini kita menjadi saksi peresmian instalasi yang sudah dibangun oleh mas Joko Avianto. Pengerjaannya relatif cepat dan menjadi karya luar biasa," ujarnya, Kamis (16/8).

Dijelaskan Anies, ide mendirikan instalasi tersebut bermula saat dirinya bertemu dengan Joko ketika Frankfurt Book Fair pada Oktober 2015. Saat itu, salah satu instalasi bambu karya Joko Avianto mendapatkan apresiasi dan dipasang selama satu tahun penuh di Frankfurt, Jerman.

"Saya sampaikan tantangan kepada beliau (Joko Avianto -red). Mas Joko, ini akan ada puluhan ribu orang datang ke Jakarta, mata menuju ke Jakarta, bikin kami orang Indonesia bangga dengan bambu Indonesia," ungkapnya.

Sementara, Joko Avianto menuturkan karya seni yang diberikan nama "Getah Getih" tersebut memiliki arti tersendiri, Getah bermakna putih dan Getih adalah merah. Penamaan tersebut terinsirasi dari warna bendera bangsa Indonesia.

"Semoga karya ini memberikan inspirasi bagi kita semua dalam menghadapi 17 Agustus dan menghadapi Asian Games. Semoga bisa memberikan semangat kepada atlet Indonesia," tandasnya.