Pemprov DKI Terima 20 Foto Keanekaragaman Hayati dari Yayasan Kehati

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : F. Ekodhanto Purba | Sabtu, 11 Agustus 2018 01:01 WIB | Dibaca 453 kali
(Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Oswar Mungkasa menerima 20 foto keanekaragaman hayati dari Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/8).

"Foto yang diserahkan oleh dari Komunitas Biodiversity Warriors (BW) Yayasan Kehati ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati "

Dikatakan Oswar, foto-foto tersebut merupakan aneka hayati yang hidup di 30 ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di Ibukota.

"Foto yang diserahkan oleh dari Komunitas Biodiversity Warriors (BW) Yayasan Kehati ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati, khususnya yang ada di Jakarta," ujarnya, Jumat, (10/8).

Selain menymenerima foto keanekaragaman hayati, sambung Oswar, pihaknya juga menggelar diskusi dengan Yayasan Kehati tentang keanekaragaman hayati.

Ia berharap, ke depan Pemprov DKI dan Yayasan Kehati bisa bekerja sama dalam hal penanggulangan binatang dan tumbuhan langka di Jakarta.

"Kita butuh membuat sebuah gerakan bersama agar keanekaragaman hayati tetap bertahan," katanya.

Direktur Eksekutif Yayasan Kehati, Riki Frindos menuturkan, selain menjadi kota metropolitan, Jakarta merupakan daerah yang memiliki kekayaan keanekaragaman hayati. Misalkan, maskot faunanya Jakarta yaitu Elang Bondol yang populasinya semakin sedikit karena hanya ditemukan di Kepulauan Seribu. Lalu maskot floranya Jakarta yaitu Salak Condet

Selanjutnya yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana kekayaan keanekaragaman hayati flora dan fauna itu tetap hidup, termasuk yang langkanya tidak sampai punah.

"Sehingga kita perlu mendorong agar  menambah luasan RTH yang merupakan rumah bagi satwa dan tumbuhan di Jakarta," tandasnya.