Pemkot Jakbar Aktifkan Jam Belajar Masyarakat

Reporter : Folmer | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 08 Agustus 2018 10:44 WIB | Dibaca 628 kali
(Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi ingin jam belajar masyarakat (JBM) diaktifkan disetiap permukiman di wilayahnya. Sehingga budaya belajar bagi anak-anak bisa kembali terbentuk.

" JBM dapat mengembalikan budaya belajar, mengaji dan menggali potensi anak yang tergerus oleh zaman. Ini juga sebagai tanggung jawab terhadap masa depan bangsa"

"JBM dapat mengembalikan budaya belajar, mengaji dan menggali potensi anak. Ini juga sebagai tanggung jawab terhadap masa depan bangsa," ujar Rustam, Rabu (8/8).

Sebelumnya, pada Selasa (7/8) malam, Rustam beserta jajaran meninjau langsung pelaksanaan JBM di permukiman RT 07/01, Kelurahan Kembangan Utara, Kembangan. Dalam kunjungan tersebut, Rustam Effendi  menyematkan rompi kepada satgas JBM yang dibentuk oleh pengurus  RW 01 Kelurahan Kembangan Utara. 

Ia pun menandatangani pakta integritas bersama tokoh masyarakat dan agama sebagai bentuk komitmen bersama dan dukungan pelaksanaan jam wajib belajar bagi anak usia sekolah. Serta membuka PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Paket A, B dan C yang diikuti sekitar 80 anak putus sekolah di RPTRA Kembangan. 

Sementara Camat Kembangan, Agus Ramdani menjelaskan, satgas JBM yang terdiri dari Pengurus RW 01, Ketua LMK, Ketua RT dan tokoh masyarakat  mengawasi  pelaksanaan jam belajar malam bagi anak usia sekolah  di lingkungan warga RW 01 Kembangan Utara, dari pukul 18.00-21.00. 

"Hal ini dapat dilihat dari indikasi adanya kerja sama dengan para pemilik warnet dan rental playstation yang menutup operasional pada saat jam belajar malam bagi anak usia sekolah di RW 01 Kembangan Utara," tandasnya.