Wagub Pelajari Pengelolaan Lalu Lintas Kota Moskow

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 03 Agustus 2018 21:50 WIB | Dibaca 370 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Dalam kunjungannya ke Kota Moskow, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyempatkan waktu  menyambangi pusat komando, pengendalian, dan pengawasan lalu lintas di Ibukota Rusia tersebut. 

"Insya Allah bisa diadaptasi oleh Pemprov DKI Jakarta, agar bisa lebih siap dan lebih baik dalam mengelola lalu lintas saat Asian Games "

Sandi mengatakan, kunjungan ke TMC-nya Moscow ini untuk mempelajari tata kelola lalu lintas selama perhelatan Piala Dunia. Diharapkan, ada hal yang dapat diadaptasi Pemprov DKI saat pelaksanaan Asian Games 2018 nanti. 

"Kami berkunjung ke sini untuk belajar dari kesuksesan pengelolaan lalu lintas di Kota Moskow selama berlangsungnya Piala Dunia kemarin. Sebentar lagi Jakarta akan menyongsong gelaran Asian Games," ujarnya, Kamis (2/8) waktu setempat. 

Sandi mengungkapkan, Pemerintah Kota Moskow telah menerapkan Intelligent Transport System (ITS) atau sistem transportasi intelijen sejak 2012, sebagai wujud dari pembangunan berkelanjutan yang menjadi referensi terapan di berbagai kota di dunia. 

"Melalui sistem ini, kondisi lalu lintas di Kota Moskow termonitor dan dapat diprediksi, sehingga kepadatan kendaraan bermotor mampu tersebar secara merata berdasarkan kapasitas ruas jalan," kata Sandi. 

 

Dengan 2.048 CCTV dan 1.402 kamera yang terpasang secara terintegrasi di seluruh penjuru, lanjut Sandi, kondisi lalu lintas di Kota Moskow dapat  dipantau langsung melalui layar informasi dalam kota, radio, situs resmi dan media lain yang bekerja sama dengan TMC-nya Moskow.

"Insya Allah bisa diadaptasi oleh Pemprov DKI Jakarta, agar bisa lebih siap dan lebih baik dalam mengelola lalu lintas saat Asian Games," tandasnya.