90 Peserta Ikuti Pelatihan Olahan Pangan Ikan

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Kamis, 19 Juli 2018 16:17 WIB | Dibaca 469 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

90 peserta mengikuti pelatihan Olahan Pangan Ikan yang digelar Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan.

" Mereka yang tadinya di rumah bingung mengelola ikan, sekarang tahu bisa diolah menjadi bahan makanan lain"

Pelatihan digelar di Unit Pengelola (UP) Pusat Produksi Inspeksi dan Sertifikasi Hasil Perikanan di Jalan Kahfi 1, Jagakarsa.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, pelatihan olahan ikan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi warga. Sehingga warga bisa memiliki pilihan dalam mengolah ikan untuk menjadi makanan lainnya.

"Mereka yang tadinya di rumah bingung mengolah ikan, sekarang tahu bisa diolah menjadi bahan makanan lain," ujarnya saat membuka pelatihan di lokasi, Kamis (18/7).

Ia menyampaikan, pelatihan olahan ikan ini masuk dalam program OK OCE dari Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan. Para peserta nantinya tak hanya mendapatkan pelatihan, tetapi juga pendampingan mulai dari P1 hingga P7.

"Pelaku usaha juga harus kreatif.  Khususnya masalah kemasan harus menarik. Baru nanti marketingnya menyusul," ucapnya.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan, Wachyuni menambahkan, 90 peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari 10 kecamatan.

Masing-masing kecamatan mengirimkan sembilan peserta yang merupakan usulan dari Musyawarah Perenencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 lalu.

"Para peserta hari ini juga mendapatkan peralatan pengolahan ikan seperti blender, apron  serta dandang," tandasnya.