Sudin Gulkarmat Jakpus Bentuk MKKG di Puskesmas Kemayoran

Reporter : Suparni | Editor : Rio Sandiputra | Jumat, 13 Juli 2018 21:41 WIB | Dibaca 525 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat melakukan sosialisasi sekaligus pembentukan petugas manajemen keselamatan kebakaran gedung (MKKG) di Puskesmas Kecamatan Kemayoran. Sebanyak 40 pegawai puskesmas disiapkan menjadi petugas MKKG.

" Kita sosialisasikan cara penanganan kebakaran sekaligus membentuk petugas MKKG, seluruh peserta yang hadir kita libatkan menjadi petugas"

"Kita sosialisasikan cara penanganan kebakaran sekaligus membentuk petugas MKKG, seluruh peserta yang hadir kita libatkan menjadi petugas," ujar Unggul Wibowo, Kepala Sektor Kecamatan Kemayoran Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Pusat, Jumat (13/7).

Menurutnya, peserta dikenalkan dengan alat pemadam api ringan (APAR) dan cara penggunaannya serta alat sederhana seperti karung basah dan handuk. Calon petugas juga dikenalkan cara mengevakuasi dan juga titik-titik evakuasi saat terjadi kebakaran.

"Kami harap dengan adanya petugas MKKG di Puskesmas ini kebakaran dapat ditangani secara mandiri dan dampaknya dapat diminimalisir," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Lindawati mengapresiasi inisiatif dari Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat. Dengan adanya MKKG, diharapkan para pegawai bisa siap jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

"Manfaatnya sangat besar bagi kami, dari yang sebelumnya belum tahu kini jadi lebih mengerti. Cara evakuasi juga harus diketahui lebih baik," tandasnya.