Pemkot Palembang Kunker ke DPM dan PTSP DKI

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 12 Juli 2018 20:32 WIB | Dibaca 566 kali
(Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan, melakukan kunjungan kerja (Kuker) ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) DKI Jakarta, Kamis (12/7).

" Karena itu, mereka ingin tahu proses pelayanan yang kita lakukan dan mungkin dapat diterapkan di Kota Palembang"

Kunker dilakukan dalam rangka bertukar wawasan terkait pelayanan terpadu di Pemkot dan kecamatan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Palembang, Kgs H Sulaiman menuturkan, dalam kunjungan ini pihaknya mempelajari cara dan sitem kerja di DPM dan PTSP DKI Jakarta yang meski tidak sama, namun dapat diterapkan di Kota Palembang. 

"Termasuk salah satunya soal pelimpahan kewenangan dari camat dan lurah ke kepala unit, agar layanan kepada warga lebih efektif, efisien, prima dan menghindari pungli," ujarnya.

Wakil Kepala Dinas PMPTSP DKI Jakarta, Deny Wahyu, kepada rombongan Pemkot Palembang menjelaskan soal layanan satu pintu yang diterapkan, mulai dari sistem antrean online hingga layanan jemput bola dengan membuka stand di pusat perbelanjaan, serta digital signature agar lebih efektif dan efisien.

"Saat ini untuk pelayanan terpadu yang dilakukan Pemkot Palembang masih terpusat pada camat dan lurah, karena masih terkendala SDM dan teknologinya. Karena itu, mereka ingin tahu proses pelayanan yang kita lakukan dan mungkin dapat diterapkan di Kota Palembang," tandasnya.