Sudin Pendidikan Kepulauan Seribu Luncurkan Program E-MGMP

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 12 Juli 2018 11:04 WIB | Dibaca 343 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Pendidikan Kepulauan Seribu meluncurkan program E-MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) eksisting. Ini merupakan solusi untuk MGMP dalam menghadapi kendala komunikasi akibat kondisi geografis Kepulauan Seribu.

" Dengan sistem ini dapat bertatap muka lewat video conference secara bersama-sama tanpa harus berkumpul dalam satu lokasi dan ini menghemat waktu dan biaya"

Kepala Sudin Pendidikan Kepulauan Seribu, Ade Yulia mengatakan, program ini untuk memudahkan koordinasi antara pegawai struktural dan fungsional. E-MGMP disebut juga Komet Apollo (koordinasi modern berteknologi ala anak pulau).

"Sistem ini menjadikan komunikasi lebih mudah. Dengan sistem ini dapat bertatap muka lewat video conference secara bersama-sama tanpa harus berkumpul dalam satu lokasi dan ini menghemat waktu dan biaya," kata Ade, Kamis (12/7).

Ia menambahkan, sistem ini memberi fitur bagi para tenaga pendidik yang tergabung di forum MGMP untuk saling berbagi dan melengkapi instrumen-instrumen pembelajaran seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajaran, penilaian harian dan penilaian diri.

"Dengan sistem ini tidak satupun pendidik di wilayah ini yang kekurangan instrumen untuk melaksanakan pembelajaran," ujarnya.

Lebih lanjut, saat ini program sudah berjalan. Target jangka pendek terlaksana di bulan Mei-Juni  di tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Jangka menengah, Juli-Desember, seluruh jenjang sekolah di Kepulauan Seribu mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah kejuruan (SMK) akan merasakan manfaat yang sama.

"Sisten ini mendapatkan dukungan penuh dari Plt Kepala Dinas Pendidikan Bowo Irianto," tandasnya.