Kawasan Monas akan Steril dari Delman Selama Asian Games

Reporter : Suparni | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 02 Juli 2018 13:56 WIB | Dibaca 888 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan sosialisasi penghentian sementara operasional delman yang melayani wisatawan di kawasan Monas selama penyelenggaraan Asian Games. Operasionalnya akan dipindahkan ke beberapa lokasi wisata lainnya di DKI.

" Untuk sementara waktu kita pindahkan lokasinya ke Kota Tua dan Taman Margasatwa Ragunan. Paguyuban-pun telah menyetujuinya"

"Mulai 1 Agustus hingga September tidak boleh ada delman atau kuda yang beroperasi di kawasan Monas," ujar Bayu Sari Hastuti, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Senin (2/7).

Menurutnya, ini untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya penularan virus atau penyakit terhadap kuda atlet yang akan bertanding pada ajang Asian Games 2018.

"Untuk sementara waktu kita pindahkan lokasinya ke Kota Tua dan Taman Margasatwa Ragunan. Paguyuban-pun telah menyetujuinya," tuturnya.

Dari data yang ada, di kawasan monas sendiri terdapat 51 kuda penarik delman yang biasa melayani para wisatawan berekreasi. Sementara secara keseluruhan di Jakarta Pusat terdapat 60 ekor kuda. Untuk vaksinasi kuda-kuda tersebut merupakan kewenangan dari Dinas KPKP DKI Jakarta.

"Di Jakarta Pusat tidak ada kandang kuda. Yang beroperasi di sini, berasa dari Jakarta Barat dan Jakarta Timur," tandasnya.