51.763 Wisatawan Berlibur ke Kepulauan Seribu

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Senin, 18 Juni 2018 22:01 WIB | Dibaca 8739 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah dimanfaatkan warga untuk liburan ke sejumlah objek wisata di Kepulauan Seribu. Tercatat sebanyak 51.763 wisatawan menyebrang melalui pelabuhan-pelabuhan ke beberapa pulau.

"Para wisatawan tidak hanya ke pulau resort melainkan ke objek wisata pantai pulau permukiman seperti Pulau Tidung, Pari, Pramuka dan Harapan"

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Kurnia mengatakan wisatawan masuk melalui Marina Ancol, Kali Adem, Tanjung Pasir, Rawa Saban dan Sunda Kelapa. 

"Tercatat dari tanggal 9 - 17 Juni 2018 ada 51.763 wisatawan. Rinciannya 50.709 wisatawan nusantara dan 1.054 wisatawan mancanegara," kata Cucu, Senin (18/6).

Menurut Cucu, peningkatan kunjungan wisatawan terjadi pada H+2 lebaran, banyak wisatawan menghabiskan liburan lebaran bersama keluarga di wisata pulau permukiman.

"Sabtu jumlah wisatawan yang datang ke pulau permukiman cukup membludak. Para wisatawan tidak hanya ke pulau resort melainkan ke objek wisata pantai pulau permukiman seperti Pulau Tidung, Pari, Pramuka dan Harapan," tandasnya.

Lonjakan pengunjung ini tambah Cucu, sudah diantisipasi dengan menyiagakan ratusan petugas gabungan guna cipta kondusif. Ratusan petugas ini disebar di sejumlah titik dan posko pengamanan.