Dekranasda DKI Gelar Festival Betawi di Smesco

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Andry | Kamis, 31 Mei 2018 17:16 WIB | Dibaca 1259 kali
(Foto : Erna Martiyanti / Beritajakarta.id)

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta hari ini menggelar Festival Betawi 2018.

" Kita perlu mendukung para perajin melalui berbagai cara agar karya yang dihasilkan bisa menjadi lebih dikenal "

Sebanyak 12 perajin mengikuti pameran yang digelar di Gedung Smesco ini.

Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mendukung perajin di Ibukota agar lebih mengembangkan karyanya. Dalam kegiatan tersebut, para perajin menampilkan berbagai hasil karyanya seperti Batik Betawi dan lainnya.

"Kita perlu mendukung para perajin melalui berbagai cara agar karya yang dihasilkan bisa lebih dikenal," ujarnya, Kamis (31/5).

Ia menyebutkan, perajin yang ikut berpartisipasi dalam acara ini di antaranya Rumah Betawi, Roemah Kebaya, Batikku Batikmu, Laras Butik, Riana Kusuma, Loelang Leathet, Kreasi Batu Alam, AIU Craft, Betawi Distro, Betawi Shop, Anne None dan Pasar Unik 89.

Selain itu juga ada delapan UKM kuliner binaan OK OCE yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mulai dari kerak telor, toge goreng, makanan kering khas Betawi, selendang mayang, dodol Betawi, serta Bir Pletok.

"Sebagai mitra pemerintah, kami juga memiliki kewajiban untuk bisa mengembangkan para perajin yang ada di Ibukota ini," ucapnya.

Fery, dalam kegiatan ini juga digelar demo membatik dari Museum Tekstil serta produk daur ulang dari perajin binaan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Selain itu ditampilkan pula  berbagai kesenian Betawi seperti tari dan musik Betawi, lenong, serta peragaan busana dari Abang None Jakarta.

Di tempat yang sama, Direktur Utama LPP KUKM Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungannya dalam rangka mempromosikan produk unggulan Pemprov DKI Jakarta. Beberapa produk unggulan dari Dekranasda DKI Jakarta juga telah dipamerkan di lantai 2 Smesco Indonesia.

"Ini kegiatan perdana Dekranasda DKI di Smesco. Kami harap ini bisa terus berlanjut," tandasnya.