Taman Ternak Pondok Ranggon Jadi Wisata Edukasi

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 16 Mei 2018 18:21 WIB | Dibaca 1499 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Taman Ternak yang berlokasi di Jalan TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, kini dimanfaatkan sebagai objek wisata edukasi. Puluhan sapi perah ditempatkan dii lahan seluas 3.000 meter persegi tersebut.

" Setiap kelompok pelajar yang berkunjung kemari, diberikan edukasi cara beternak sapi"

Kepala UPT Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan mengatakan, kehadiran Taman Ternak Pondok Ranggon ini memang disiapkan untuk wisata edukasi. Warga sekitar terutama kalangan pelajar dapat memanfaatkannya.

"Setiap kelompok pelajar yang berkunjung diberikan edukasi cara beternak sapi. Kemudian cara memberi makan minum hingga cara memerah susu sapi," ujar Renova, Rabu (16/5).

Menurutnya, di taman ternak ini terdapat 25 ekor sapi perah. Pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI untuk meramaikan kawasan ini. Di lahan itu juga telah dibangun pusat promosi produk UKM.

"Mulai tahun ini kita akan aktifkan kembali gedung promosi ini. Agar ada kegiatan pameran produk UKM, hasil olahan susu sapi dan sebagainya," ucapnya.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Timur, Syofian Taher menyarankan untuk memberikan sosialisasi awal adanya wisata edukasi kepada sekolah-sekolah di sekitarnya. Ditambahkan Syofian, selain masalah peternakan sapi perah, anak-anak juga bisa diajari cara bercocok tanam.

"Jadi bisa lebih bermanfaat wisata ini nantinya," tandasnya.