Ancol dan LIPI Gelar Peringatan Hari Terumbu Karang

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 08 Mei 2018 13:30 WIB | Dibaca 577 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

PT Pembangunan Jaya Ancol dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) gelar Hari Terumbu Karang atau Coral Day di Sea World Ancol, Jakarta Utara, Selasa (8/5).

" Karang itu tempat bertelur dan tempat tinggal ikan-ikan, sehingga perlu dijaga kelestarianya, agar biota dan ketersediaan ikan di laut Indonesia semakin terjaga serta melimpah"

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C. Paul Tehusijaran mengatakan peringatan Hari Terumbu Karang yang diikuti sebanyak 250 Siswa dari 10 Sekolah Dasar (SD) yang ada di DKI Jakarta tersebut mengetengahkan tema, 'Lautku Bersih Terumbu Karangku Sehat'.

“Karang itu tempat bertelur dan tempat tinggal ikan-ikan, sehingga perlu dijaga kelestariannya, agar biota dan ketersediaan ikan di laut Indonesia semakin terjaga serta melimpah,” tuturnya, Selasa (8/5).

Kepala Pelaksana LIPI, Bambang Subiyanto mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh pihaknya dan Ancol untuk mensosialisasikan biota laut, salah satunya terumbu karang, kepada generasi penerus bangsa Indonesia. Harapannya agar generasi penerus ini selalu menjaga keanekaragaman hayati terumbu karang Indonesia.

“Sebab saat ini Indonesia miliki 2,5 juta hektare terumbu karang. Sebagai pusat keanekaragaman karang dunia, Indonesia menjadi rumah bagi 67 persen karang dunia, yang telah memberikan manfaat termasuk pariwisata dan ketahanan pangan,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain edukasi, kegiatan ini diisi dengan dongeng terumbu karang dari Kak Nafis, serta lomba melukis dan mewarnai untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

Wulandari (8) siswi SDN 01 Pagi Pulau Tidung mengatakan, dirinya sangat senang mengikuti gelaran peringatan Hari Terumbu Karang tersebut.

"Sebab dengan kegiatan ini saya dan teman-teman selain lebih tahu dan mengenal, kami juga semakin mengerti tentang manfaat dari terumbu karang untuk laut," tandasnya.