Wali Kota Jakut Resmikan Bedah Rumah Swadaya Warga di Kamal Muara

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 05 April 2018 16:10 WIB | Dibaca 779 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, meresmikan pelaksanaan bedah rumah warga di Gang Cucut, RT 09/01 Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Kamis (5/4). Bedah rumah ini merupakan hasil swadaya warga.

" Ini sebuah contoh yang baik, warga melakukan bedah rumah tanpa menggunakan anggaran pemerintah."

Husein mengatakan, sangat mengapresiasi upaya warga mengentaskan problem sosial di wilayahnya secara bersama-sama. Diharapkan, kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk dilaksanakan di wilayah lain.

"Ini sebuah contoh yang baik, warga melakukan bedah rumah tanpa menggunakan anggaran pemerintah. Saya harap wilayah lain juga tergerak melakukan hal serupa," katanya. 

Camat Penjaringan, Muhammad Andri menjelaskan, kegiatan bedah rumah ini dipilih Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) terhadap warga yang tidak mampu. Rencananya bedah rumah swadaya diprogramkan bagi enam rumah warga.

"Tahap awal dilaksanakan dua rumah. Tapi pembangunan perdana dilakukan satu rumah dulu hari ini," ujarnya.

Lurah Kamal Muara, Dwi Pandji Forkiantoro menambahkan, kegiatan ini dilakukan LMK dan warga setelah proses gerakan Kampung Warna-warni berjalan. Mereka menghimpun urunan dari warga RW 06 yang merupakan kawasan perumahan elit.

"Gerakan Kampung Warna-warni tidak hanya mempercantik lingkungan, tapi juga membangun kebersamaan dan pemberdayaan warga," jelasnya.

Dijelaskan Pandji, rumah yang dibedah berukuran 6x6 meter. Diperkirakan pembangunan rumah membutuhkan dana sekitar Rp 40 juta.

"Targetnya rampung dalam dua pekan. Kita akan dorong kolaborasi ini terus berlanjut ke berbagai bidang," tandasnya.