Tiga IPAL Komunal di Kelurahan Menteng Telah Dioperasikan

Reporter : Suparni | Editor : Rio Sandiputra | Minggu, 01 April 2018 17:07 WIB | Dibaca 649 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) komunal di Jalan Menteng Tenggulun, RW 01, Kelurahan Menteng, Menteng, Jakarta Pusat mulai dioperasikan. Warga pun kini merasakan manfaat dari IPAL komunal yang pembangunannya selesai pada bulan lalu.

"Setelah diserahkan, akan dibentuk pengurus di setiap IPAL untuk merawat dan mengelola melalui iuran warga "

Lurah Menteng, Agus Sulaeman mengatakan, di RW 01 ada tiga IPAL komunal yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Yakni berada di RT 07, 10 dan 14.

"Kini instalasinya sudah terkoneksi dari hampir seluruh rumah warga di RW 01. Masing-masing bisa digunakan untuk 50 sampai 60 rumah," ujarnya, Minggu (1/4).

Menurutnya, pengelolaan IPAL komunal tersebut akan diserahkan kepada warga. Saat ini, untuk mempercantik lingkungan, bangunan IPAL dicat warna warni dengan gambar menarik.

"Setelah diserahkan, akan dibentuk pengurus di setiap IPAL untuk merawat dan mengelola melalui iuran warga. Sehingga warga turut memiliki," ucapnya.

Sementara itu, Ratna (40), warga RT 07/01 mengaku senang dengan adanya IPAL komunal. Karena limbah rumah tangga yang dihasilkan tidak lagi mengotori lingkungan.

"Kini lingkungan jadi bersih tak lagi polusi udara karena dulu memanfaatkan saluran lingkungan," tandasnya.