DPRD Dorong Sanggar Budaya Betawi Dilibatkan dalam Asian Games

Reporter : Suparni | Editor : Andry | Minggu, 18 Februari 2018 16:05 WIB | Dibaca 618 kali
(Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Sereida Tambunan mendorong agar sanggar budaya Betawi di Ibukota dilibatkan dalam Asian Games 2018 yang akan dihelat pada Agustus mendatang.

" Kita akan minta dinas terkait memfasilitasinya"

"Kita akan minta dinas terkait memfasilitasinya," ujarnya di acara silaturahmi dengan pegiat budaya Betawi di Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (18/2).

Menurut Sereida, Asian Games bukan hanya ajang olahraga, tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengangkat budaya lokal.

"Karena itu, kita akan dorong ini supaya sanggar budaya Betawi ini dilibatkan dalam event Asian Games nanti," katanya.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid mengaku akan mengumpulkan pihak swasta untuk memfasilitasi sanggar budaya Betawi berkreasi dalam event Asian Games.

"Yang sudah siap memfasilitasi PD Pasar Jaya. Saat ini mereka itu sedang rumuskan teknisnya agar sanggar budaya bisa tampil di pasar-pasar miliknya," tuturnya.

Sementara itu, pemilik Sanggar Silibet, Ramdani meminta kepada pemerintah agar membantu proses legalisasi sanggar selain kegiatan pembinaan yang sudah berjalan selama ini.