Musrenbang Kelurahan Pulau Kelapa Hasilkan 65 Usulan

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 01 Februari 2018 17:30 WIB | Dibaca 459 kali
(Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Pulau Kelapa menghasilkan 65 usulan yang akan diajukan dalam Musrenbang Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

" Jadi kami tidak fokus kepada pembangunan fisik saja, tetapi ada pelatihan seperti menyelam, las, pengelolaan ikan dan sebagainya"

Lurah Pulau Kelapa, Fadli mengatakan, usulan template ada 19 kegiatan, sedangkan usulan langsung ada 46 kegiatan. Usulan template, selain kegiatan fisik ada juga kegiatan pembangunan manusia atau sumber daya manusia.

"Jadi kami tidak fokus kepada pembangunan fisik saja, tetapi ada pelatihan seperti menyelam, las, pengelolaan ikan dan sebagainya," kata Fadli, Kamis (1/2).

Sedangkan usulan langsung, tambah Fadli, ada beberapa yang sifatnya mendesak seperti pengelolaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Karena Pulau Kelapa merupakan pulau terpadat dari 11 pulau permukiman di Kepulauan Seribu.

"Nelayan juga mengusulkan tempat pelelangan ikan, karena selama ini menggunakan dermaga. Untuk usulan template anggarannya Rp 9,1 miliar," tandasnya.