Penataan Danau Sunter Capai 30 Persen

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 28 Januari 2018 14:24 WIB | Dibaca 2599 kali
Penataan Danau Sunter Capai 30 Persen (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Progres penataan kawasan Danau Sunter Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara hingga akhir Januari ini sudah mencapai 30 persen.

"Dibuat lebih rapih sehingga bisa menyenangkan bagi semua "

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad mengatakan, penataan dilakukan dalam rangka persiapan Festival Danau Sunter yang bakal digelar akhir Februari mendatang. Diharapkan, kawasan Danau Sunter ke depan juga bisa menjadi salah satu ikon wisata di Jakarta Utara.

"Dibuat lebih rapi sehingga bisa menyenangkan bagi semua. Ini progresnya sudah sekitar 30 persen, sesuai yang kita harapkan," katanya, Minggu (28/1).

Dikatakan Husein, penataan yang dilakukan Pemkot Jakut baru sebatas tahapan awal yang  pelaksanaannya melalui tupoksi rutin masing-masing UKPD tanpa alokasi khusus sambil menunggu  masterplan pengembangan dari tingkat provinsi.

"Penataan ini sebelum ada masterplane yang lebih komprehensif dari tingkat provinsi. Kita buat agar lebih bersih dan menyenangkan," ujarnya.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi menambahkan, penataan kawasan Danau Sunter di antaranya meliputi pengerjaan penataan trotoar, penataan PKL, relokasi kolam pemancingan dan penambahan penerangan.

Saat ini, katanya, pengerjaan sudah menyelesaikan pemindahan kolam pemancingan ke sisi selatan bagian timur, 18 pedagang makanan minuman juga sudah direlokasi ke sisi selatan bagian barat, dan pemasangan lima lampu sorot serta penggantian 42 penerangan jalan umum (PJU) menggunakan lampu LED.

Sedangkan pengerjaan trotoar meliputi pebaikan trotoar di sisi utara bagian barat dan sisi barat danau. Khusus di sisi barat, selain penataan trotoar juga akan dibuat plaza.

"PKL dan pemilik kolam pemancingan sukarela membongkar sendiri. Untuk PKL sementara kita tempatkan di tenda," tandasnya.

TOP