JKT48 Jadi Duta Enjoy Jakarta

Reporter : Folmer | Editor : Erikyanri Maulana | Selasa, 07 Oktober 2014 19:08 WIB | Dibaca 12484 kali
JKT48 Jadi Duta Enjoy Jakarta (Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta terus berupaya menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke ibu kota. Terlebih, pariwisata di ibu kota sangat potensial untuk menarik perhatian wisatawan asing.

" Kebetulan salah satu pasar utama pariwisata Jakarta yaitu wisatawan asal Jepang. Makanya, kami berkepentingan untuk lebih meningkatkan lagi pasar Jepang melalui kerjasama promosi pariwisata dengan grup JKT48"

Untuk merealisasikan pertumbuhan kunjungan wisman tersebut, Disparbud DKI Jakarta menjalin kerja sama promosi wisata dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan menggandeng grup vokal yang tengah digandrungi anak muda, JKT 48 menjadi duta Enjoy Jakarta.

Seperti diketahui, grup JKT48 dibentuk pada tahun 2011 mengadopsi konsep grup idol AKB48 asal Jepang.

Penandatangan kesepakatan bersama (MoU) khusus promosi pariwisata ini berlangsung di kantor Disparbud DKI Jakarta dengan Dentsu Aegis Network/Indonesia selaku manajemen yang menaungi grup JKT48, Selasa (7/10) siang.

Penandatangan MoU dilakukan Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman dengan Country CEO Dentsu Aegis Network/ Indonesia, Harris Thajeb.

Kepala Disparbud DKI, Arie Budiman mengatakan, pihaknya memiliki sejumlah strategi khusus serta program yang sesuai dengan pasar dalam rangka meningkatkan aktifitas promosi pariwisata di ibu kota.

"Kebetulan salah satu pasar utama pariwisata Jakarta yaitu wisatawan asal Jepang. Makanya, kami berkepentingan untuk lebih meningkatkan lagi pasar Jepang melalui kerjasama promosi pariwisata dengan grup JKT48," ujar Arie, Selasa (7/10).

Arie mengungkapkan, JKT48 akan diajak menjadi duta pariwisata (Grand Ambasador) untuk Kota Jakarta. Sebab, grup JKT 48 memiliki popularitas tinggi bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Jepang. "Kami optimis dengan mengajak anak-anak muda dari grup JKT48 akan memberikan citra positif serta meningkatkan aktifitas promosi pariwisata kota Jakarta," katanya.

Dengan MoU ini, sambung Arie, nantinya grup JKT48 akan dilibatkan dalam serangkaian kegiatan promosi baik di dalam maupun di luar negeri. "Tentu JKT48 akan tampil di berbagai program Disparbud DKI di antaranya Jakarta Tourism Expo, Road Show Jakarta ke sejumlah negara-negara termasuk promosi pariwisata di Tokyo," tuturnya.

Country CEO Dentsu Aegis Network/Indonesia, Harris Thajeb menegaskan, dengan kerja sama ini akan lebih mempererat hubungan antara Indonesia dengan Jepang.

"Dinas Pariwisata DKI Jakarta berharap dari Jepang, grup AKB48 juga dapat datang melihat keindahan Indonesia dan potensi pariwisata di Jakarta dan selanjutnya dipromosikan kepada masyarakat di Jepang," ucapnya.

Ditambahkan Harris, wisatawan asal Jepang yang berkunjung ke Bali biasanya untuk melihat keindahan panorama pantai. Sedangkan, jika berwisata ke Jakarta, wisatawan dapat melihat betapa besarnya kota metropolitan Indonesia.

Selain gedung-gedung pencakar langit, Kota Jakarta juga memiliki potensi wisata kuliner karena orang dari seluruh Indonesia ada di ibu kota.

"Saya melihat keindahan kota, wisata kuliner dan keramah tamahan orang di ibu kota dapat menjadi potensi pariwisata yang dapat dipromosikan kepada wisatawan Jepang," tandasnya.

TOP