Pemprov DKI Siapkan Skema Pembayaran Hunian DP 0 Rupiah

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 19 Januari 2018 18:13 WIB | Dibaca 1371 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih menyiapkan skema pembayaran cicilian hunian bagi melalui program DP 0 Rupiah.

" Kita ingin memastikan skema pembayarannya cocok bagi MBR"

Untuk merealisasikan program hunian murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini , Pemprov DKI Jakarta telah melakukan groundbreaking hunian DP 0 rupiah Klapa Village di Jl H Naman, Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menuturkan, agar pelaksanaan program ini berjalan dengan baik, selaku leading sector Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman akan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Skema pembayaran sedang disiapkan. Kita ingin memastikan skema pembayarannya cocok bagi MBR," kata Sandi, Jumat (19/1).

Menurutnya, dalam program DP 0 rupiah juga akan dilakukan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah pusat. Selain itu, kerja sama akan dilakukan dengan stakeholder lain seperti, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Real Estate Indonesia (REI), dan perbankan lainnya.

"Rencananya, pendaftaran pembelian unit hunian sudah dapat dibuka pada April 2018," ungkapnya.

Sandi memastikan, Pemprov DKI berkomitmen memberikan kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan kurang dari Rp 7 juta untuk memiliki hunian ini.

"Saat ini sudah ada show unit. Masyarakat bisa melihat langsung dan memilih unit yang diinginkan," ujarnya.

Ia menambahkan, show unit bisa dilihat di kantor pemasaran yang berada satu kawasan dengan lokasi pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini.

"Kita terapkan experience-based marketing, masyarakat silakan datang langsung," tandasnya.