Diskominfotik Paparkan Keterbukaan Informasi Publik ke Mahasiswa

Minggu, 17 Desember 2017 Reporter: Budhi Firmansyah Surapati Editor: Budhy Tristanto 2768

Diskominfotik Paparkan Keterbukaan Informasi Publik ke Mahasiswa STIAMI

(Foto: Budhi Firmansyah Surapati)

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Dian Ekowati, memaparkan upaya pemerintah provinsi membangun keterbukaan informasi publik di hadapan ratusan mahasiswa.

Selain memberikan informasi melalui website, portal resmi dan sosial media, kita juga memiliki aplikasi Jakarta Smart City (JSC)

Dian memaparkan ini, saat  tampil sebagai pembicara dalam seminar nasional bertema 'Strategi Mewujudkan E-Governance Melalui Keterbukaan informasi publik" yang diselenggarakan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, di Gedung Arion Grand Mangaradja, Jl Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (17/12).

"Selain memberikan informasi melalui website, portal resmi dan sosial media, kita juga memiliki aplikasi Jakarta Smart City (JSC)," ujarnya.

Dikatakan Dian, selain mensosialisaiskan berbagai data dan program yang dilaksanakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menggunakan teknologi informasi untuk menjaring masukan serta keluhan warga. Di antaranya melalui aplikasi Qlue.

Bagi mereka yang tidak familiar dengan teknologi informasi, lanjut Dian, pemerintah provinsi juga menyediakan layanan pesan singkat. Setiap hari Sabtu, juga dibuka layanan keluhan warga di kantor kecamatan.

Terkait keluhan warga, Dian menjelaskan, pihaknya sudah membangun sistem citizen relation management (CRM).

"Dengan sistem ini, setiap keluhan yang masuk akan langsung diarahkan ke instansi terkait untuk penanganan dan terus dimonitor penyelesaiannya oleh pimpinan," kata Dian.

Menurutnya, selama ini penanganan keluhan warga sudah direspons cukup baik oleh aparat pemerintah provinsi. Hanya saja, ada beberapa aduan yang terkait instansi lain di luar pemprov yang membutuhkan koordinasi untuk penyelesaian.

"Pemprov punya sistem kinerja dan penyelesaian keluhan merupakan bagian dari kinerja. Kalaupun ada yang belum tertangani lebih kita koordinasikan dengan instasi terkait," tandasnya.

Pada kegiatan digelar mulai pukul 07.00-12.000 ini tampil pula sebagai pembicara Direktur Utama TVRI,  Helmy Yahya; Komisioner KIP DKI Jakarta, Nani Nurani Muksin dan pakar bidang ilmu administrasi Universitas Indonesia, Martani Husein.

BERITA TERKAIT
 80 Peserta Ikuti Bimbingan Teknis PPID

Diskominfotik Gelar Bimtek Pembentukan PPID SKPD/UKPD di Jakut

Kamis, 16 November 2017 2585

DKI Ajak Komunitas Medsos Sosialisasikan Pengentasan Sampah Kali

Diskominfotik Ajak Komunitas Medsos Sosialisasikan Kebersihan Kali

Rabu, 08 November 2017 3133

BERITA POPULER
Pemprov DKI Cairkan Bansos PKD Oktober 2025

Pemprov DKI Cairkan Bansos PKD Oktober 2025

Senin, 27 Oktober 2025 2149

Pramono Anung dan Iwan Setiawan memberikan keterangan kepada media setelah pembukaan JEF 2025

Pemprov DKI dan BI Perluas Digitalisasi Pasar di Jakarta

Sabtu, 25 Oktober 2025 3384

Inovasi Cikoko Biofarm Mendapat Penghargaan Pemprov DKI

Cikoko Biofarm Diganjar Penghargaan di Jakarta Innovation Days 2025

Senin, 27 Oktober 2025 849

Pemprov DKI Perluas Akses Cek Kesehatan Gratis Lewat Kolaborasi dan Inovasi Digital

Pemprov DKI Perluas Akses Cek Kesehatan Gratis Lewat Kolaborasi dan Inovasi Digital

Rabu, 22 Oktober 2025 2118

Armada bus listrik Transjakarta melintas di Terminal Blok M, Kebayoran Baru

Pemprov DKI Komitmen Terus Tingkatkan Layanan Transjakarta

Senin, 27 Oktober 2025 757

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks