Disparbud DKI Gelar Gebyar Budaya di Monas

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Agustian Anas | Selasa, 23 September 2014 14:10 WIB | Dibaca 6046 kali
Disparbud DKI Gelar Gebyar Budaya di Monas (Foto : / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menggelar Gebyar Budaya di kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (27/9). Kegiatan ini digelar untuk memperingati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 27 September.

" Ini gratis, masyarakat silahkan datang dan menikmati pertunjukan yang disajikan selama sehari penuh"

Kegiatan Gebyar Budaya yang berlangsung sehari penuh tersebut akan diisi dengan pameran industri kreatif, karnaval nusantara, pentas musik, dan tari kolosal dengan tema Warna Warni Jakarta untuk Dunia. Kegiatan Gebyar Budaya tersebut akan menampilkan berbagai budaya nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggandeng sutradara terkenal Rama Soeprapto. Rama ditunjuk untuk menyajikan tari kolosal yang mengkombinasikan kebudayaan nusantara. Tari Kolosal akan melibatkan sebanyak 50 penari dan 30 pemusik.

Sementara untuk karnaval nusantara akan melibatkan sebanyak 20 komunitas terdiri dari 350 penari. Sementara untuk pameran industri kreatif nusantara akan ada 30 stand yang melibatkan pegiat usaha kecil menengah (UKM). Selain itu, juga akan menghadirkan empat penyanyi jebolan Indonesian Idol, seperti Angel Pieters, Gio, Ubay, dan Yuka.

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman, mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Pengunjung dapat menikmati berbagai pertunjukan dalam Gebyar Budaya tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis.

"Ini gratis, masyarakat silakan datang dan menikmati pertunjukan yang disajikan selama sehari penuh," kata Arie, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (23/9).

"Acara ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat budaya nusantara, destinasi pariwisata, dan budaya utama Indonesia," ucap Arie.

TOP