Mengintip Sentra Ikan Cupang di Slipi

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Andry | Minggu, 05 Maret 2017 13:22 WIB | Dibaca 16311 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Warga yang gemar mengoleksi Ikan Cupang tidak ada salahnya berkunjung ke Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Slipi di Jalan KS Tubun III, RT 01/04, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

" Di pintu masuk gapura tempat ini juga kami beri tulisan Sentra Ikan Cupang"

Di tempat ini terdapat Sentra Ikan Cupang yang menyediakan lebih dari 6.000 ekor Ikan Cupang dengan harga bervariasi antara  30-500 ribu per ekor.

Ketua Koperasi Pengusaha Ikan Hias Kota Bambu Slipi (Kobapi), Edi Sudrajat mengatakan, jenis Ikan Cupang yang dijual di tempat ini beragam. Di antaranya Halfmoon, Crowntail dan Plakat.

"Cara memelihara Ikan Cupang tidak begitu sulit. Cukup memberi pakan berkualitas dan akuarium," katanya di Sentra Ikan Cupang Slipi, Minggu (5/3).

Edi juga mengingatkan, agar ikan tumbuh prima dan memiliki bentuk sempurna, pembudidaya harus memperhatikan kadar air (pH) di dalam akuarium.

"Kadar air yang baik itu 7pH. Ini  akan menentukan kualitas ikan," ujarnya.

Camat Palmerah, Zery Ronazy mengaku terus berupaya mempromosikan sentra ikan ini kepada masyarakat luas dalam setiap acara dan kegiatan.

"Di pintu masuk gapura tempat ini juga kami beri tulisan Sentra Ikan Cupang," tandasnya.

Sekadar diketahui, untuk menuju Sentra Promosi dan Pemasaran Ikan Hias Slipi ini, warga dapat menaiki angkutan kota (angkot) M 09 atau M 11 dari Slipi dan Tanah Abang atau Kopaja 206 dari Ciputat.

Dari kawasan Benhil, warga bisa menaiki angkot M 38 atau bus Transjakarta hingga ke Halte Slipi dan Petamburan.