Lahan Milik DKI di Ciangir akan Ditanami Cabai


Reporter : Jhon Syah Putra Kaban | Editor : Erikyanri Maulana | Minggu, 08 Januari 2017 10:34 WIB | Dibaca 4487 kali
Lahan Milik DKI di Ciangir akan Ditanami Cabai
 (Foto : Ilustrasi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memanfaatkan lahannya di Ciangir, Tangerang, Banten untuk ditanami bibit cabai.

" Kami sudah periksa tanahnya dan memungkinkan ditanami cabai"

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, di Ciangir terdapat lahan milik Pemprov DKI seluas sekitar 100 hektare. Dari total luas lahan itu, 30 hektare di antaranya akan ditanami karena sisanya dalam bentuk kolam dan persawahan.



"Kami sudah periksa tanahnya dan memungkinkan ditanami cabai. Sekarang kami lakukan berbagai persiapan," ujarnya, Minggu (8/1).

Dikatakan Darjamuni, pihaknya sudah menugaskan tim untuk mensurvei berapa banyak bibit yang bisa ditanam di lokasi tersebut. Setelah semua proses selesai termasuk pembersihan lahan, cabai segera ditanami.



"Yang ditanam jenis cabai rawit besar. Pemilihan ini karena lebih tahan pada serangan hama dan kebutuhannya cukup tinggi di Jakarta," katanya.

Adapun bibit cabai yang ditanam, sementara diambil dari stok kebun bibit yang ada. Jika akan ditanam hingga 30 hektare pihaknya berencana menggunakan dana dari APBD 2017.



"Nanti kami lihat kebutuhannya sebesar apa. Sementara kami pakai bibit dari kebun dulu, asumsi kita dalam satu hektare dalam setahun bisa dipanen sekitar satu ton cabai," tandasnya.


TOP