Pembangunan Waduk Marunda Rampung Akhir Tahun

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Dunih | Rabu, 06 Agustus 2014 19:15 WIB | Dibaca 4876 kali
Pembangunan Waduk Marunda Rampung Akhir Tahun (Foto : / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menargetkan akhir tahun ini pembangunan Waduk Marunda sudah selesai. Diharapkan dengan rampungnya waduk seluas 56 hektare yang berlokasi di RW 02 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara itu, mampu menanggulangi banjir di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

" Agustus-September ini dibayar. APBD sudah ada, tapi masih kurang dan akan ditambah di APBD Perubahan"

"Akhir tahun rampung ini semuanya," kata Jokowi saat meninjau Waduk Marunda, Rabu (6/8).

Menurut Jokowi, saat ini masih ada sekitar 5-6 hektare lahan yang masih dalam proses pembebasan.  Namun hal tersebut sudah selesai, hanya tinggal pelunasannya serta masih membutuhkan dana APBD sebesar Rp 65 miliar.

"Agustus-September ini dibayar. APBD sudah ada, tapi masih kurang dan akan ditambah di APBD Perubahan," ujar mantan Walikota Surakarta ini.

Jokowi melanjutkan, Waduk Marunda mempunyai konsep yang sama dengan Waduk Pluit, yakni dilengkapi sarana dan prasarana bermain serta ruang terbuka hijau. "Tahun 2015, pinggirnya akan ditanami tanaman dan taman bermain untuk anak," pungkasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Manggas Rudi Siahaan menambahkan, pengerjaan pengerukan waduk merupakan tahapan awal dari keseluruhan pengerukan seluas 51 hektar. Sebagai tahap awal pihaknya hingga akhir tahun nanti menargetkan seluas 14,3 hektar diselesaikan.

"Saat ini baru 8,5 hektar yang dikerjakan. Kalau sudah dibebaskan sisa bangunannya, kita bisa selesaikan sesuai target tahap awal pengerukan waduk," tukas Rudi.

TOP