5.046 Pejabat akan Dilantik dan Dikukuhkan Besok

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Nani Suherni | Senin, 02 Januari 2017 20:16 WIB | Dibaca 5889 kali
5.046 Pejabat akan Dilantik dan Dikukuhkan Besok (Foto : Yopie Oscar / Beritajakarta.id)

Pada 3 Januari 2017, esok akan dilakukan pengukuhan serta pelantikan pejabat. Susunan pejabat akan disesuaikan dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah yang baru disahkan.

" Tanggal 3 Januari, besok akan ada pengukuhan dan pelantikan. Saya sudah tandatangani susunan pejabat yang baru, kemarin"

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, dirinya telah menandatangani susunan pejabat yang baru. Susunan tersebut juga sudah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Total jumlah pejabat yang akan dilantik dan dikukuhkan esok hari sebanyak 5.046 orang. 

"Tanggal 3 Januari, besok akan ada pengukuhan dan pelantikan. Saya sudah tandatangani susunan pejabat yang baru, kemarin," kata Sumarsono, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Senin (2/1).

Pria yang akrab disapa Soni ini menambahkan sebanyak 95 persen hanya akan dilakukan pengukuhan terhadap pejabat lama. Sementara sisanya akan dilakukan pelantikan.

"95 persen pengukuhan. Pejabat yang dilantik hanya sedikit, lebih banyak pengukuhan," ujarnya.

Pejabat yang diganti berasal dari eselon 4, eselon 3, hingga eselon 2. Jumlah pejabat yang akan dikukuhkan yakni sebanyak 3.558 orang. Sementara pejabat yang akan dilantik sebanyak 1.475 orang terdiri dari, promosi 241 pejabat, rotasi 1.136 pejabat, mutasi 80 pejabat, dan downgrade 18 pejabat. 

Kemudian masih ada lima jabatan yang belum diisi. Sedangkan untuk efisiensi ada sebanyak 985 jabatan. Terdiri dari demosi 846 pejabat, pensiun 113 pejabat, dan meninggal enam orang. 

Khusus untuk pejabat eselon 2 ada sebanyak tiga orang mendapatkan promosi dan 11 orang mutasi. Namun Soni masih enggan membocorkan siapa saja nama-nama pejabat yang promosi maupun mutasi. Rencananya pelantikan dan pengukuhan akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

TOP