Warga Panti Sosial Ukir Prestasi di Pencak Silat Nasional

Reporter : Nurito | Editor : Andry | Senin, 21 November 2016 09:55 WIB | Dibaca 4216 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Walau hanya warga binaan sosial, Amanda (17), mampu membuktikan diri dengan mengukir prestasi di tingkat nasional. Wanita yang tinggal di Panti Sosial Putra Utama 3 Ceger, Cipayung, Jakarta Timur tersebut berhasil menyabet gelar Juara III dalam kejuaraan Pencak Silat Sinar Warna Nusantara di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

" Di kejuaraan pencak silat itu kami kirim enam peserta yang semuanya warga binaan"

Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3, Ucu Rahayu, mengatakan, selama tinggal di panti, Amanda memang rutin mengikuti latihan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate sejak lima tahun lalu.

"Di kejuaraan pencak silat itu kami kirim enam peserta yang semuanya warga binaan. Alhamdulillah salah satunya berhasil menjadi juara ketiga," katanya, Senin (21/11).

Menurut Ucu, dengan adanya perolehan juara di kejuaraan nasional ini akan menjadi pengalaman yang berarti bagi warga panti. Prestasi yang diukir Amanda sekaligus dapat memotivasi warga binaan lainnya.

"Saat masih duduk di bangku SMP, Amanda juga pernah menjadi juara pertama kejuaraan pencak silat pelajar tingkat SMP di DKI Jakarta," ujarnya.

Ia menyebutkan, enam peserta dari Panti Putara Utama 3 yang dikirim mengikuti laga tersebut masing-masing Ananda Ismail, Amanda, Dean, Soleh, Fahmi dan Andika. Mereka semua masih duduk di bangku SMP dan SMA dan selalu menjadi andalan panti dalam kejuaraan pencak silat.

"Kejuaraan digelar sejak tanggal 16-20 November dan diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMA dari seluruh provinsi di Indonesia," tandasnya.