Sudin Kominfomas Jakbar Gelar Bimtek Aplikasi CRM

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Nani Suherni | Rabu, 09 November 2016 17:56 WIB | Dibaca 4321 kali
Sudin Kominfomas Jakbar Gelar Bimtek Aplikasi CRM (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan (Sudin Kominfomas) Jakarta Barat mengadakan bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Citizen Relationship Management (CRM) pada aparat kelurahan, kecamatan, SKPD dan UKPD di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Barat.

" Demi mempercepat respon terhadap pengadun masyarakat, maka kami berikan aplikasi CRM tersebut"

Kasudin Kominfomas Jakarta Barat, Sugiono mengatakan, bimtek CRM diberikan untuk meningkatkan serta mempercepat respons terhadap pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui aplikasi Qlue.

“Aplikasi CRM merupakan pengembangan dari Crop, yakni aplikasi bagi aparatur untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui aplikasi Qlue,” ujar Sugiono saat membuka kegiatan bimtek, Rabu (9/11).

Selain menerima materi peserta bimtek, pihaknya juga melakukan simulasi aplikasi CRM menggunakan smartphone. Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam sepekan, yaitu hari Rabu dan Kamis, setiap pertemuan diikuti 12 kelurahan yang diwakilkan oleh dua orang tiap kelurahan.

Selain dari kelurahan dan kecamatan, peserta bimtek CRM juga diikuti SKPD dan UKPD teknis terkait yang menangani langsung pengaduan masyarakat. Diharapkan awal Desember 2016, sebanyak 56 kelurahan, delapan kecamatan dan SKPD/UKPD teknis se-Jakarta Barat telah mengikuti bimtek CRM.

“Aplikasi CRM akan diterapkan mulai awal 2017 mendatang. Kiranya kurun waktu tersebut aplikasi CRM di Jakarta Barat telah siap digunakan,” tandas Sugiono.

TOP