DKI Kembali Gelar Color of Jakarta

Reporter : Erna Martiyanti | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 16 Maret 2016 13:12 WIB | Dibaca 4230 kali
DKI Kembali Gelar Color of Jakarta (Foto : Yopie Oscar / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar kompetisi foto dan video Color of Jakarta (CoJ). Nantinya karya-karya dari peserta akan dibukukan sebagai media promosi Kota Jakarta.

"Dengan ajang ini diharapkan banyak sisi kreativitas yang belum terungkap bisa didokumentasikan "

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI Jakarta, Ii Karunia mengatakan, pada tahun ini ada empat kategori yang dilombakan. Keempatnya yakni wisata dan budaya, photo story bertema Jakarta Baru, street photography bertema warna-warni Jakarta, serta video kreatif bertema Jakartaku.

"Tahun ini ada empat kategori, yang dikelompokan tiga kategori foto dan satu kategori baru yakni video kreatif," kata Ii, saat Peluncuran Program Colour of Jakarta (JOC) 2016, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (16/3).

Dia menambahkan pada ajang kompetisi kali ini mengambil tema urban kreatif. Tema tersebut dipilih karena berbagai pengembangan fasilitas kemasyarakatan di Jakarta yang marak saat ini.

"Dengan ajang ini diharapkan banyak sisi kreativitas yang belum terungkap bisa didokumentasikan," ucapnya.

Warga Jakarta yang ingin mengikuti kompetisi ini bisa mendaftar melalui website di digitalcamera.co.id. Penerimaan foto dan video selama bulan Maret hingga Mei mendatang. Sementara untuk pengumuman pemenang kompetisi yang bekerjasama dengan Kompas Gramedia ini akan digelar pada Juni mendatang.

Total hadiah pada ajang COJ ini mencapai Rp 139 juta. Setidaknya ada tiga juri yang akan menilai foto dan video yang dikirim. Ketiganya yakni Arbain Rambey yang merupakan fotografer senior Harian Kompas, Rakhmat Kusnadi yakni Managing Editor Chip Foto Video, serta Yuliandi Kusuma yang saat ini menjadi Editor in Chief Digital Camera Indonesia.

"Foto-foto finalis dan pemenang akan dibukukan menjadi buku sebuah buku foto mengenai Jakarta. Buku tersebut akan menjadi souvenir bagi tamu yang berkunjung ke Pemprov DKI. Foto juga akan disebarluaskan dalam bentuk digital," tandasnya.

Selain empat kategori utama yang dilombakan, selama periode penerimaan foto, ada juga lomba foto mini COJ di media sosial Instagram, melalui akun @colorofjakarta. Ada tujuh tema di lomba foto Instagram. Tema yang diangkat berkaitan dengan program kerja sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

TOP