Bahas APBD, Mendagri Temui Djarot di Balai Kota

Reporter : Andry | Editor : Widodo Bogiarto | Selasa, 29 Desember 2015 15:34 WIB | Dibaca 4376 kali
Bahas APBD, Mendagri Temui Djarot di Balai Kota (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo‎ menemui Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Selasa (29/12). Kedatangan Tjahjo untuk membahas membahas perkembangan draft Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016.

"Political will dari Pak Gubernur juga sudah merespon sangat baik, ada percepatan "

"APBD DKI 2016 ada kemajuan dibandingkan tahun lalu. Political will dari Pak Gubernur juga sudah merespon sangat baik, ada percepatan.‎ Jadi kami minta kepada Pak Wagub, untuk 31 Desember, saya kira (APBD) sudah bisa selesai," kata Tjahjo.

Tjahjo berharap, APBD tahun depan tidak lagi tersandera, seperti yang berlangsung tahun ini. Eksekutif diminta agar membahas anggaran lebih detail bersama dengan DPRD.

Menurut Tjahjo, secara garis besar, APBD DKI tak ada masalah yang bersifat prinsip, hanya persoalan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa).

"Saya minta sama Pak Djarot untuk lebih detail mendiskusikannya dengan DPRD DKI. Apapun aspirasi dewan dan Pemda harus jalan," ujar Tjahjo.

Sementara Djarot mengaku, penyusunan APBD 2016 ada kemajuan yang sangat baik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Khususnya dari segi waktu yang ditetapkan Kemendagri.

"Ada kemajuan yang sangat bagus untuk DKI, karena dari sisi waktu maju betul dibandingkan tahun-tahun lalu. Ini sudah tepat waktu. Kami sudah diskusi, evaluasi di Kemendagri, pada tanggal 31 Desember sudah selesai," tutur Djarot.

Djarot menambahkan, APBD 2016 tinggal menunggu rekomendasi, evaluasi dari Kemendagri yang kemudian akan dilanjutkan dengan penyesuaian-penyesuaian anggaran bersama dewan.

"Ini akan kita bicarakan lagi dengan dewan. Dan ini nggak perlu paripurna. Sehingga anggaran bisa selesai pada awal Januari. Kita harapkan pada 31 Desember, evaluasi Kemendagri telah selesai," papar Djarot.

TOP