Atasi Pemukiman Kumuh Harus dari Berbagai Aspek

Reporter : Devi Lusianawati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 22 September 2015 19:39 WIB | Dibaca 1799 kali
Atasi Pemukiman Kumuh Harus dari Berbagai Aspek (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, untuk mengatasi permasalahan pemukiman kumuh tidak dapat dilihat dari satu aspek.

" Pemprov DKI akan membangun kembali Kampung Deret pada 2016 mendatang"

Disampaikan Djarot, berbagai aspek yang harus diperhatikan antara lain ketersediaan air bersih, sanitasi, saluran air, sampah, serta bangunan yang tidak layak.

"Sanitasi dan sumber air yang tidak sehat dan tercemar akan menimbulkan berbagai sumber penyakit. Apalagi musim kemarau sekarang ini sudah banyak air yang kering," ujar Djarot, Selasa (22/9).

Salah satu langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan tempat tinggal yang layak, kata Djarot, antara lain dengan membangun rumah susun (rusun) dan kampung deret.

Menurut Djarot, untuk warga yang tinggal di bantaran Kali, Pemprov DKI telah menyediakan rusun yang rencananya akan ditambah tahun 2016 mendatang.

"Untuk pemukiman warga di kampung-kampung, kalau status rumah dan bangunanya sah, Pemprov DKI akan membangun Kampung Deret, dan rencananya akan mulai dibangun kembali 2016 mendatang," tandas Djarot.

TOP