Bangun TMP, DKI Butuh Lahan 15 Hektare

Reporter : Nurito | Editor : Widodo Bogiarto | Rabu, 17 Juni 2015 13:52 WIB | Dibaca 2228 kali
Bangun TMP, DKI Butuh Lahan 15 Hektare (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Pemprov DKI Jakarta berencana segera membangun Taman Makam Pahlawan (TMP) Cilangkap di Cipayung, Jakarta Timur. Pembangunan TMP baru ini dilakukan lantaran kondisi lahan TMP Kalibata makin terbatas.

" Untuk pembangunan TMP lahan sudah ada, tinggal dilakukan pembebasan lahan"

Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan. untuk mewujudkan TMP Cilangkap dibutuhkan lahan sekitar 15 hektare. Sedangkan lahan yang sudah dibebaskan baru mencapai 4 hektare. Di lokasi pemakaman yang baru ini kelak dapat digunakan untuk memakamkan para veteran atau pejuang NKRI.   

"Untuk pembangunan TMP lahan sudah ada, tinggal dilakukan pembebasan lahan. Kita sudah bicarakan dengan Panglima TNI untuk pembangunan TMP di Cilangkap," ujar Basuki usai meresmikan Lapangan Tembak IPSC di Mako Kopassus, Cijantung, Rabu (17/6).

Disebutkan, untuk pembangunan TMP Cilangkap pihaknya masih menunggu Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI untuk pembebasan lahan. Sejauh ini belum ada pembebasan lahan tersebut. Bahkan sosialisasi terhadap para pemilik lahan yang akan dibebaskan pun kabarnya sejauh ini belum dilakukan.

Basuki menambahkan, sisa lahan kosong untuk makam yang ada di TMP Kalibata hingga saat ini tinggal sekitar 350 unit. Diperkirakan tidak lama lagi akan terisi penuh.

"Kita sudah merdeka saja 70 tahun, sudah pasti banyak pejuang yang umurnya juga sangat tua. Katanya sebulan bisa 3 orang, berarti kan tidak sampai 10 tahun," pungkasnya.

TOP