10 Peserta Akhiri Pelatihan Las Dasar di PPKPL Condet

Kamis, 25 November 2021 16:23 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 2023

(Foto: Angga Siswanto - Beritajakarta.id)

Sebanyak 10 peserta telah mengakhiri kegiatan pelatihan kolaborasi las dasar di gedung Pusat Pelatihan Kerja  Khusus Pengembangan Las (PKPL) Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (25/12).

Kita berharap ilmu dan sertifikasi yang mereka miliki bisa menjadi modal mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja

Kepala PPKPL Condet, Ulin Nuha mengatakan, pelatihan kolaborasi program pengelasan ini diberikan agar peserta memiliki kemampuan sesuai standar nasional maupun internasional.  Sehingga, mereka menjadi SDM berkualitas yang terampil, produktif  dan berkompeten untuk diserap pada pasar kerja dalam negeri maupun luar negeri.

“Total ada 10 peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan kolaborasi las dasar fabrikasi dengan proses las busur metal manual,” kata Ulin Nuha.

Menurutnya, kegiatan pelatihan yang digelar sejak 11 hingga 24 November ini dibiayai Baznas Bazis DKI Jakarta melalui program kolaborasi sosial berskala besar (KSBB).

"Kami mengucapkan terima kasih pada Baznas Bazis DKI yang telah mendukung penuh kegiatan ini," tuturnya.

Adapun materi yang diberikan selama pelatihan ini ada lima jenis. Yakni pengetahuan ilmu bahan pengelasan. Pengetahuan peralatan tangan, mesin ringan dan mesin las. Kemudian pengetahuan pengukuran dengan alat ukur, pengetahuan teknik pengelasan dengan proses las busur manual serta pengetahuan baca gambar, pembentukan dan fabrikasi.

Kasatpel Pelatihan dan Uji Kompetensi PPKPL Condet, Justina Anita Dewi menambahkan, usai mengikuti pelatihan para peserta diberikan sertifikat. Diharapkan sertifikat dan skill yang dimiliki mereka bisa menjadi modal untuk mencari pekerjaan di perusahaan besar maupun berwirausaha di rumahnya.

"Kita berharap ilmu dan sertifikasi yang mereka miliki bisa menjadi modal mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja,”ucap Anita.

Pada kesempatan yang sama, para peserta juga memberikan hasil karya mereka berupa tiga set rak sepatu susun tiga dan rak vas bunga. Ketiga hasil karya peserta pelatihan ini akan diberikan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI, Baznasz Bazis DKI dan untuk aset PPKPL Condet.