Dinas PPKUKM Berkolaborasi Beri Pelayanan Pengujian Produk dan PKT

Rabu, 24 November 2021 06:29 Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing Editor : Toni Riyanto 1420

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Dinas Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) menyepakati kerja sama dengan PT Global Inspeksi Sertifikasi, PT Berkah Niaga Digital dan PT Ekonomi Sirkular Indonesia terkait Pelayanan Pengujian Produk dan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT).

Mendorong para kolaborator di Jakarta untuk berpartisipasi secara aktif

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, pengujian produk sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan jaminan mutu, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan, serta meningkatkan perlindungan konsumen.

"Saya menyambut baik dan mengapresiasi badan usaha yang telah berkolaborasi bersama Dinas PPKUKM," ujarnya, Rabu, Selasa (24/11).

Ratu berharap, PT Global Inspeksi Sertifikasi dapat mendukung pemerintah untuk menyelenggarakan audit dan sertifikasi produk secara professional dengan menerapkan SNI ISO/IEC 17065:2012 dan mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian, PT Berkah Niaga Digital dan PT  Ekonomi Sirkular Indonesia bisa berkontribusi dalam peningkatan kualitas para Jakpreneur, utamanya dalam pemanfaatan teknologi dan pengembangan digital start-up di Jakarta.

"Sejak 1 Desember 2021 sampai 30 November 2022, Indonesia mendapat amanah dalam presidensi G20. Untuk itu, kami juga giat mendorong para kolaborator di Jakarta untuk berpartisipasi secara aktif dalam beberapa event G20, khususnya dalam diseminasi pertumbuhan ekonomi Jakarta yang inklusif, ramah lingkungan,l dan berkelanjutan," terangnya.

Menurutnya, kolaborasi ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk bekerjasama dengan dunia usaha dan masyarakat dalam rangka memposisikan Jakarta sebagai city of collaboration. Sebab, dalam membangun sebuah kota itu tidak sanggup hanya dari pemerintahnya saja, tapi harus dibangun bersama semua stakeholder yang ada.

"Kepada jajaran Dinas PPKUKM saya minta agar memanfaatkan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah tertuang dalam PKS ini dengan baik. Kita harus jaga sinergisitas, kolaborasi, soliditas di antara semua sehingga layanan kepada masyarakat Jakarta dapat tercapai dengan baik," tandasnya.

Untuk diketahui, berikut rincian kerja sama Dinas PPKUKM dengan tiga badan usaha tersebut;

1. Kerja sama dengan PT Global Inspeksi Sertifikasi

Kerja sama ini dilakukan melalui pelayanan pengujian produk dalam rangka program standarisasi nasional dan penilaian kesesuaian. Adapun ruang lingkup kerja sama ini seperti, pelayanan pengujian, ketersediaan SDM dan sarana/prasarana pengujian dan penerbitan hasil pengujian.

2. Kerja sama dengan PT Berkah Niaga Digital

Kerja sama ini dilakukan melalui pembinaan dan peningkatan kualitas Jakpreneur dan pemasaran produk Jakpreneur melalui aplikasi TokoIG. Adapun target pelaksanaan kerjasama ini dalam tiga tahun, antara lain;

a. Pelatihan dan pendampingan 2.000 orang Jakpreneur

b. Pemasaran 2.000 Jakpreneur

3) Kerja sama dengan PT Ekonomi Sirkular Indonesia

Kerja sama ini dilakukan melalui pembinaan dan peningkatan kualitas Jakpreneur dan pemasaran produk Jakpreneur melalui aplikasi Surplus Adapun target pelaksanaan kerjasama ini dalam tiga tahun, antara lain;

a. Pelatihan softskills dan hardskills sebanyak 100 kali

b. Pendampingan paling sedikit satu kali dalam dua minggu

c. Pemasaran 3.600 Jakpreneur.