20 Karang Taruna Pulau Sebira Ikuti Pelatihan Rehabilitasi Terumbu Karang

Kamis, 18 November 2021 19:34 Reporter : Suparni Editor : Toni Riyanto 3120

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Sebanyak 20 anggota karang taruna di  Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mengikuti pelatihan rehabilitasi terumbu karang yang diselenggarakan 16-18 November 2021 di Rumah Singgah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

I kut menjaga kelestarian alam Kepulauan Seribu

Ketua Karang Taruna Pulau Sebira, Gunawan mengatakan, pelatihan yamg menghadirkan narasumber berkompeten ini terealisasi melalui kolaborasi PT PLN, Yayasan Terangi dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat.

"Pelatihan ini penting untuk menambah pengetahuan serta pelestarian alam bawah laut agar tetap lestari. Terutama, terkait pelibatan anak-anak muda karang taruna sebagai generasi penerus dalam menjaga kelestarian alam Kepulauan Seribu," ujarnya, Kamis (18/11).

Menurutnya, materi yang diberikan di antaranya membuat dan merakit rak, melakukan pembibitan dan cara menyematkan bibit terumbu karang pada rak.

"Hari ini peserta pelatihan diajak praktik langsung penyelaman dan penanaman terumbu karang. Sebanyak 125 bibit terumbu karang setelah disematkan pada lima rak yang telah dibuat dan selanjutnya ditanam di dasar laut di sisi timur Pulau Sebira," terangnya.

Sementara itu, Camat Kepulauan Seribu Utara, Ismail menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan peralatan serta bibit terumbu karang dari PT PLN melalui Yayasan Terangi dengan memanfaatkan program corporate social responsibility (CSR) hingga terlaksananya pelatihan ini.

"Semoga ilmu dan pengalaman yang diberikan dapat bermanfaat bagi anak-anak kita untuk ikut menjaga kelestarian alam Kepulauan Seribu," tandasnya.