100 Personel Satpol PP Kepulauan Seribu Apel Kesiapsiagaan Bencana

Jumat, 22 Oktober 2021 11:17 Reporter : Suparni Editor : Toni Riyanto 2222

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Sebanyak 100 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu mengikuti apel Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Jumat (22/10).

Humanis serta profesional 

Apel Kesiapsiagaan Bencana ini dipimpin langsung oleh Direktur Polisi Pamong Praja dan Linmas Kementerian Dalam Negeri RI, Bernhard E Rondonowu.

Bernhard mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyiapkan personel Satpol PP yang meliputi potensi sumber daya manusia dan peralatan agar sigap dalam mengantisipasi bencana yang mungkin bisa datang setiap saat.

"Kita tekankan agar Satpol PP selalu sigap dan siap menjadi tameng atau perisai masyarakat terkait kesiapsiagaan bencana, intinya harus terdepan dalam melindungi wilayahnya," ujarnya.

Ia berharap agar Satpol PP Kepulauan Seribu bisa menjadi motor dan role model bagi Satpol PP yang berada di wilayah perairan di Indonesia karena dari semua Satpol PP perairan yang bisa melaksanakan tugas-tugas perairan hanya Satpol PP Kepulauan Seribu.

"Tentunya dengan terus melaksanakan gladi serta pelatihan dan perbaikan kualitas sumber daya manusia sekaligus menciptakan personel yang humanis serta profesional dalam melayani masyarakatnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Kepulauan Seribu, Rahmad Efendi Lubis menambahkan, potensi bencana yang menjadi fokus perhatian yakni banjir dan angin kencang dalam musim penghujan ini.

"Total jumlah ada 133 personel Satpol PP di Kepulauan Seribu. Melalui apel ini kita ingin seluruh personel kami semakin termotivasi dan lebih sigap serta siap mengantisipasi kebencanaan di wilayah yang bisa datang kapan saja," tandasnya.