PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih FIDIC Project Awards 2021

Kamis, 16 September 2021 13:13 Aldi Geri Lumban Tobing 769

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan tingkat global dari FIDIC (Federation Internationale Des Ingenieurs-Conseils) atau International Federation of Consulting Engineers dalam ajang FIDIC Project Awards 2021.

Pengakuan terhadap karya anak bangsa

Penghargaan diberikan karena Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 1 Koridor Lebak Bulus-Bundaran HI dinilai sebagai infrastruktur yang telah membuat perubahan yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat yang dilaksanakan dengan menerapkan kontrak FIDIC disertai manajemen proyek yang baik.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William P Sabandar mengatakan, proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 1 merupakan proyek pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan internasional dari FIDIC.

"Terima kasih kepada FIDIC atas penghargaan yang telah diberikan kepada MRT Jakarta. Ini adalah pengakuan terhadap karya anak bangsa melalui insan-insan MRT Jakarta dan semua pihak yang terlibat, atas kerja profesional dan berintegritas dalam mewujudkan infrastruktur publik dengan kualitas internasional," ujarnya, Kamis (16/9).

President FIDIC, William Howard menjelaskan, penghargaan diberikan untuk semua proyek yang berpartisipasi menampilkan pekerjaan konstruksi dari sektor infrastruktur dan dapat membuat perubahan nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

"FIDIC senang dapat mempromosikan pekerjaan ini dan menyoroti pentingnya pekerjaan ini bagi masyarakat," terangnya.

   

Board Member of Director FIDIC, Sarwono Hardjomuljadi mengucapkan selamat kepada MRT Jakarta yang telah berhasil meraih penghargaan (Award of Merit) dari FIDIC (Federation Internationale des Ingenieure Conseils).

Menurutnya, pembangunan jalur MRT Jakarta merupakan proses perjalanan panjang yang telah ditempuh demi menghadirkan sebuah perubahan besar bagi masyarakat khususnya di Jakarta.

"Semoga pekerjaan konstruksi MRT Jakarta dapat menjadi motivasi bagi pekerjaan konstruksi lainnya di Indonesia untuk menerapkan dan memiliki manajemen proyek yang kuat serta mengacu pada international best practice, khususnya pada FIDIC Conditions of Contract yang merupakan syarat mutlak untuk meraih keberhasilan sebuah pekerjaan konstruksi," tandasnya.

Untuk diketahui, FIDIC merupakan badan perwakilan internasional global terbesar yang dibentuk dari asosiasi nasional konsultan (Consulting Engineers) dari seluruh dunia.

Ajang FIDIC Project Awards 2021 memberikan apresiasi terhadap proyek-proyek yang dinilai memiliki kontribusi besar dalam perbaikan kualitas kehidupan masyarakat dengan mengedepankan prinsip Kualitas, Integritas, dan Keberlanjutan, serta unggul dalam penerapan kontrak FIDIC disertai manajemen proyek yang baik.