Tokoh Buddha Jakarta Timur Gelar Dialog Pelayanan Umat

Selasa, 14 September 2021 19:29 Yudha Peta Ogara 744

(Foto: Yudha Peta Ogara - Beritajakarta.id)

Para tokoh agama Buddha di Jakarta Timur menggelar dialog mengenai pelayanan umat secara spiritual, pelayanan kematian, perizinan vihara, dan peningkatan perekonomian.

Walubi Jakarta Timur dan FKUB Jakarta Timur mengupayakan bantuan dengan beberapa persyaratan administrasi

Penyelenggara Buddha Jakarta Timur, Pandu Dinata menyampaikan, ada 19 vihara di Jakarta Timur, semuanya sudah terdaftar di Kantor Wilayah Kementerian Agama Buddha Provinsi DKI Jakarta, melalui aplikasi SIORI.

Pengurus FKUB Jakarta Timur yang juga Ketua Walubi Kota Administrasi Jakarta Timur, Heru Prayitno menyatakan, keterwakilan umat Buddha di FKUB Jakarta Timur membantu umat Buddha di Jakarta Timur dalam menangani permasalahan seperti perizinan tempat ibadah hingga perizinan pendirian tempat ibadah.

Selain itu mempermudah umat Buddha Jakarta Timur yang sedang berkabung, jika salah satu keluarga ada yang meninggal maka mendapat tempat untuk kremasi lebih mudah dari sisi administrasi.

"Jadi biaya pemulasaraan jenazah tidak tinggi. Bagi keluarga kurang mampu, Walubi Jakarta Timur dan FKUB Jakarta Timur mengupayakan bantuan dengan beberapa persyaratan administrasi. FKUB Jakarta Timur dan Walubi Jakarta Timur juga menjembatani umat Buddha wilayah Jakarta Timur dan pemerintah daerah," ujarnya, Selasa (14/9).

Ia menyatakan, ada beberapa masukan dari pengurus vihara dalam kegiatan diskusi tersebut. Salah satunya dengan menggelar sejumlah pelatihan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pembimas Buddha DKI Jakarta, Suwanto; Penyelenggara Buddha Wilayah Jakarta Timur, Pandu Dinata; dan Pengurus FKUB dan WALUBI Jakarta Timur, Heru Prayitno.