41 Kantong Plasma Konvalesen Terkumpul dari Pendonor di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI

Kamis, 26 Agustus 2021 07:07 Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing Editor : Toni Riyanto 570

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Kegiatan donor plasma konvalesen dan darah di Stasiun MRT Dukuh Atas BNI pada 23 dan 24 Agustus 2021 berhasil mengumpulkan sebanyak 41 kantong plasma konvalesen dan tujuh kantong darah.

Antusiasme masyarakat tinggi

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Provinsi DKI Jakarta, Sibroh Malisi mengatakan, ada 74 penyintas COVID-19 yang mendaftarkan diri untuk menyumbangkan plasma konvalesen. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan skrining didapatkan 41 orang penyintas dinyatakan layak mendonorkan plasma konvalesen.

"Saya melihat antusiasme masyarakat tinggi dan meningkatnya kesadaran masyarakat. Ini kerja sama yang bagus," ujarnya, Kamis (26/8).

Ia mengapresiasi, kolaborasi PT MRT Jakarta (Perseroda), PMI dan stakeholders terkait dalam merealisasikan aksi kemanusiaan untuk menolong sesama tersebut

"Kegiatan kolaboratif ini mengedukasi dan menginformasikan kepada mereka khususnya penyintas untuk mendonorkan plasma konvalesen di Kantor PMI di lima wilayah kota, termasuk PMI Provinsi DKI Jakarta di Jalan Kramat Raya," ujarnya, Rabu (25/8).

Sibroh menjelaskan, melihat antusiasme masyarakat tersebut PMI Provinsi DKI akan kembali berkolaborasi dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) dan berbagai stakeholders untuk mengadakan kegiatan serupa.

"Kami sedang menjajaki kolaborasi dengan IDI Jakarta Selatan untuk kegiatan serupa di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan. PMI DKI Jakarta terbuka untuk bekerja sama dengan siapa saja dalam rangka kegiatan sosial untuk kepentingan masyarakat, khususnya bagi mereka yang membutuhkan," tandasnya.