Forkopimko Jakut Bertekad Sukseskan Percepatan Vaksinasi COVID-19

Kamis, 29 Juli 2021 16:35 Suparni 490

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Utara menggelar rapat koordinasi (rakor) virtual percepatan vaksinasi COVID-19 dan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan (ormas) dan kepemudaan.

sudah di atas 50 persen

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, pelibatan organisasi dan seluruh potensi di Jakarta Utara dimaksudkan agar capaian vaksinasi maksimal melalui pendataan dan mobilisasi peserta vaksin oleh masing-masing unsur di bawah koordinasi pemerintahan setempat dari tingkat kelurahan hingga wali kota.

"Capaian ini bukan semata-mata untuk pemenuhan target tapi untuk penyelamatan seluruh warga," ujarnya, usai memimpin rakor, Kamis (29/7).

Ali menjelaskan, secara umum untuk wilayah enam kecamatan di Jakarta Utara, baru Kecamatan Kelapa Gading yang mencapai di atas 70 persen capaian vaksin COVID-19. Sementara, di lima wilayah kecamatan lainnya rata-rata baru 50 persen.

"Untuk Capaian vaksinasi di Jakarta Utara berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah di atas 50 persen tapi tetap jauh dari target yang harus sampai di atas 85 persen," terangnya.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes (Pol) Guruh Arif Darmawan menambahkan, untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI, Polri akan melakukan vaksinasi merdeka dimulai dari tanggal 1-17 Agustus bekerjasama dengan seluruh unsur masyarakat.

"Vaksinasi ini akan difokuskan di RW-RW yang masih belum maksimal pelaksanaan vaksinasinya," bebernya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara, Kolonel (Inf) Roynald Sumendap menyatakan siap membantu pelaksanaan pengawasan dan percepatan vaksinasi di Jakarta Utara.

"Kita mengimbau melalui perwakilan organisasi yang ada agar bisa mengajak keluarga dan anggotanya ke sentra-sentra vaksin yang ada dari tingkat RW hingga vaksin yang digelar oleh berbagai pihak agar target herd immunity bisa tercapai," tandasnya.