Gubernur Anies Apresiasi Pesatnya Pertumbuhan Minat Baca Pada Anak

Rabu, 28 Juli 2021 16:52 Yudha Peta Ogara 461

(Foto: doc - Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengisi kegiatan Perayaan Baca Jakarta 2021 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta secara daring, Rabu (28/7). Pada kesempatan itu, Anies mengapresiasi pertumbuhan minat baca anak-anak yang begitu pesat.

Antusiasme sangat terasa, ada 30 ribu lebih pendaftar, ini artinya minat baca bersama-sama tumbuh pesat

"Saya ingin pesan, selamat sudah ikut kegiatan membaca. Ini harus jadi kebiasaan. Suka membaca, walau panjang dan lama itu akan membantu kita untuk memiliki imajinasi yang bagus sehingga kreativitas muncul, ada gagasan, dan inovasi. Saat kita membaca tumbuh imajinasi dan tak ada yang sama, sehingga menghasilkan begitu banyak narasi," ujar Anies yang pada kesempatan itu juga membacakan cerita berjudul Senangnya Selalu Jujur karya Vani Diana.

Ia menjelaskan, anak-anak harus tumbuh dengan imajinasi yang baik melalui kebiasaan membaca. Kegiatan membaca bersama bisa dilaksanakan secara harian dan mingguan, termasuk bagi para orang tua. Mereka, sambungnya, dapat membaca bacaan yang sesuai dengan minat sehingga membaca menjadi kebiasaan dan budaya.

"Jadi buat adik-adik, yok kita biasakan membaca, insya Allah dengan begitu punya bekal sehingga kelak menjadi anak yang kreatif dan inovatif. Saya apresiasi adik-adik semua yang sudah menuntaskan Gerakan Baca Jakarta sambil mengisi waktu libur serta aktif dalam kegiatan belajar. Antusiasme sangat terasa, ada 30 ribu lebih pendaftar, ini artinya minat baca bersama-sama tumbuh pesat," katanya.

Ditambahkan Anies, kemampuan dan minat baca harus terus dikembangkan. Untuk itu, para orang tua harus bersemangat mendampingi anak-anak dalam membangun kebiasaan membaca. Ia juga berpesan agar anak-anak meningkatkan minat menulis yang tak terpisahkan dari kebiasaan membaca.

Sebagaimana diketahui, Dispusip DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Gerakan Baca Jakarta selama 30 hari. Yakni sebuah tantangan membaca selama 30 hari pada 14 Juni hingga 13 Juli bagi anak usia sekolah.