Mudahnya Daftar Vaksinasi Lewat Aplikasi JAKI

Minggu, 11 Juli 2021 15:30 Nurito 1225

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Ardya Pramesti Dwi Ayu Listianti, siswi kelas VII SMPN 62 Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, tampak sumringah usai mengikuti vaksinasi COVID-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (11/7).

Ternyata gampang dan sangat sederhana, cukup menyiapkan NIK. Prosesnya juga cepat

Diantar kedua orang tuanya, bocah perempuan berusia 13 tahun ini mengaku, awalnya sempat bingung untuk ikut vaksin, karena tidak mengerti cara mendaftarnya. Dari seorang kawan sekolahnya, dia mendapat informasi agar mendaftar secara online melalui aplikasi milik Pemprov DKI JAKARTA KINI (JAKI) di http://qrco.de/appsjaki. Dibantu sang mama, Ardya pun mengunduh dan meng-klik aplikasi JAKI untuk daftar vaksin secara online.

"Ternyata gampang dan sangat sederhana, cukup menyiapkan NIK. Prosesnya juga cepat. Saya daftar pakai HP mama," tutur Ardya.

Setelah proses pendaftaran melalui aplikasi JAKI selesai, Ardya mengaku sempat merasa deg-degan karena selama ini di belum pernah disuntik. Namun setelah disemangati orangtuanya, ia merasa yakin dan berani. Diantar kedua orang tuanya, Ardya ikut vaksin ke GBK Senayan. 

"Sekalian jalan-jalan, aku ikut vaksin di sini. Vaksin itu penting untuk kekebalan tubuh kita dan nggak sakit kok," ucapnya. 

Poses serupa dialami Salsabila Putri Nurlianti, warga Jl Bunga Rampai II RT 05/09 Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur. Perempauan berusia 14 tahun ini daftarkan diri lewat aplikasi JAKI pada Sabtu (10/7) malam dan hari ini langsung dipanggil untuk vaksin di GBK.

"Saya daftar pakai HP, prosesnya mudah dan cepat. Pelaksanaannya juga lancar, antrinya nggak lama," aku Salsa yang datang ke GBK diantar sang ayah.

Bukan cuma warga Jakarta, aplikasi JAKI digunakan Risdianty Ghaisani (28), Jl Merapi, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, untuk mendaftarkan diri ikut vaksinasi di SUGBK, Senayan. Dia mengaku, sangat terbantu dengan adanya aplikasi JAKI ini.

"Prosesnya sangat mudah. Saya baru daftar semalam langsung dipanggil hari ini di GBK," kata karyawati salah satu perusahaan swasta di kawasan Jl Jenderal Sudirman ini.

Dia juga mengaku, senang dengan layanan relawan dan tenaga kesehatan yang bertugas di GBK hari ini.

"Tenaga kesehatannya ramah dan pelayanan cepat," pungkas Risdianty, yang baru mendapat vaksin dosis pertama hari ini.