Rekan Indonesia Distribusikan Makanan Siap Santap Bagi Warga Isolasi Mandiri di Jaktim

Kamis, 08 Juli 2021 15:16 Aldi Geri Lumban Tobing 527

(Foto: - Beritajakarta.id)

Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Sosial RI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendistribusikan makanan siap santap bagi warga di Kelurahan Cipinang Besar Utara dan Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar COVID-19.

Warga tidak mampu yang terpapar COVID-19

Ketua Nasional Rekan Indonesia, Agung Nugroho mengatakan, bantuan makanan siap santap ini bertujuan meringankan beban warga yang menjalani isolasi mandiri. Pasalnya, selama menjalani isolasi mereka tidak diperkenankan meninggalkan rumah sehingga pemenuhan kebutuhan pangannya perlu diperhatikan.

"Banyak juga warga tidak mampu yang terpapar COVID-19. Bantuan ini tentu sangat dibutuhkan," ujarnya, Kamis (8/7).

Agung menjelaskan, sebanyak 200 paket makanan siap santap sudah didistribusikan kepada warga di tiga kelurahan tersebut.

"Bantuan makanan siap santap ini masih terus bergulir dengan alokasi hingga 2.000 paket," terangnya.

Sementara itu, Pengurus Rekan Indonesia Jakarta Timur, Syahrudin menambahkan, bantuan makanan siap santap dialokasikan untuk enam RW di Kelurahan Cipinang Besar Utara dan satu RW di Kelurahan Cililitan.

"Semoga peran kecil Rekan Indonesia ini dapat sedikit meringankan kebutuhan makan warga yang terpapar COVID-19 dan melakukan isolasi mandiri," tandasnya.

Untuk diketahui, Rekan Indonesia sejak awal terjadinya lonjakan kasus positif COVID-18 telah membuka Posko Pantau COVID-19 selama 24 Jam.

Posko tersebut selain menghimpun situasi dan kondisi peningkatan kasus COVID-19 di daerah juga menerima laporan warga yang membutuhkan ruang isolasi di fasilitas kesehatan, mencarikan ICU, membantu kebutuhan oksigen, serta membantu mencarikan makam jenazah berprotokol COVID-19.

Tercatat mulai Juni hingga 6 Juli 2021, sudah ada 1.352 warga yang lapor ke posko Pantau COVID-19 Rekan Indonesia.

Rekan Indonesia juga membuka call center di 021-26961758, selain itu Rekan Indonesia juga membuka donasi untuk mendukung kegiatan Pantau COVID-19 Rekan Indonesia melalui Rekening Bank DKI: 11103081097 atas nama Relawan Kesehatan Indonesia