Pelajar SMAN 6 Jakarta Bantu Penghuni Panti Sosial

Jumat, 25 Juni 2021 13:50 Aldi Geri Lumban Tobing 425

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

Pelajar SMAN 6 Jakarta melakukan perbuatan mulia dengan memberikan bantuan paket sembako bagi penghuni Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 dan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3.

Menyisihkan uang jajan

Bantuan diserahterimakan secara simbolis dari perwakilan SMN 6 Jakarta kepada Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet, Vivi Kafilatul Jannah dan Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Heri Suhartono.

Ketua OSIS SMAN 6 Jakarta, Arya Bahri Saman mengatakan, kegiatan bertema "SMAN 6 Jakarta Berbagi" ini didasari dari rasa ingin membantu terhadap sesama. Bakti sosial ini juga sekaligus dilakukan untuk memperingati HUT ke-494 Jakarta.

"Kami berinisiatif untuk mengumpulkan donasi dengan melibatkan orang tua, alumni dan tentu saja dari kami sendiri dengan menyisihkan uang jajan agar dapat memberikan bantuan ini. Dalam kegiatan ini kami sebagai pelajar juga ingin berpartisipasi dalam memulihkan Jakarta akibat pandemi sesuai dengan tema HUT Jakarta tahun ini yaitu Jakarta Bangkit," ujarnya, saat menyerahkan secara simbolis bantuan di Panti Asuhan Anak Putra Utama 3, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (25/6).  

Ia menambahkan, selain dari para donatur, bantuan juga diperoleh dari hasil menjual paket sembako kepada alumni, orang tua dan guru. Penggalangan donasi dimulai dari 27 Mei-11 Juni 2021.

"Untuk Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3 Tebet diserahkan 174 paket sembako. Sedangkan, di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 sebanyak 42 paket sembako," terangnya.

Arya menjelaskan, untuk seremonial bakti sosial tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan di antaranya, dengan membatasi jumlah panitia yang hadir dalam pemberian bantuan ini.

"Kami hanya mendelegasikan di setiap panti sebanyak lima orang dalam pemberian bantuan ini guna menghindari kerumunan," bebernya.    

Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini bukanlah hal yang pertama digelar OSIS SMAN 6 Jakarta di bawah kepemimpinannya. Hal yang sama juga telah dilakukan untuk membantu korban bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat beberapa waktu lalu.

"Berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), OSIS SMAN 6 Jakarta mengkoordinir penggalangan dana yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp 37.275.000. Dana bantuan tersebut diperoleh dari alumni, orang tua dan guru serta para siswa/siswi," urainya.

Perwakilan guru SMAN 6 Jakarta, Siti Nurhayati mengaku sangat berterima kasih dan bangga melihat kepedulian peserta didik di SMAN 6 Jakarta.

"Jujur saya sangat terharu di tengah kesulitan yang mungkin sama-sama kita rasakan akibat pandemi, murid-murid di SMAN 6 Jakarta masih punya kepedulian dengan sesama melalui bakti sosial ini," ungkapnya.

Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Heri Suhartono menuturkan, nilai-nilai kepedulian yang ditunjukkan para pelajar di SMAN 6 Jakarta sangat patut dicontoh. Apalagi, dari informasi yang kami dengar bantuan ini merupakan hasil dari menyisihkan uang jajan mereka.

"Saya sangat mengapresiasi di tengah kesulitan akibat pandemi ini mereka masih memikirkan sesama,"ucapnya.    

Sementara itu, Ketua Perwakilan Orangtua Murid SMAN 6 Jakarta, Daniel MH Siagian yang turut hadir dalam penyerahan bantuan ini mengungkapkan rasa bangganya terhadap aksi sosial tersebut.

"Sebagai orang tua kami sangat mendukung kegiatan ini karena menumbuhkan semangat berbagi. Bakti sosial ini sekaligus membuktikan bahwa pelajar juga dapat berperan dalam pemulihan akibat pandemi. Sesuai dengan tema HUT Jakarta tahun ini yaitu Jakarta Bangkit," tandasnya.