Warga RT 11/09 Kayu Putih Jalani Vaksinasi Massal

Senin, 07 Juni 2021 16:49 Nurito 1168

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Ratusan warga RT 11/09 Kayu Putih, Pulogadung, Senin (7/6), mengikuti vaksinasi massal yang digelar Polres Metro Jakarta Timur di halaman Taman Pintar, Jl Gereja.

Kita harapkan tidak ada penambahan angka COVID lagi di Kayu Putih

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, fokus utama vaksinasi adalah warga RT 11/09 berusia 18 tahun ke atas. Wilayah ini sekarang berstatus zona merah dan orange.

Untuk hari ini, lanjut Erwin, pihaknya sudah menyiapkan vaksin untuk 400 orang. Selain itu ada swab PCR dari Puskesmas Kecamatan Pulogadung.

"Vaksinasi ini sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran COVID-19. Kita harapkan tidak ada penambahan angka COVID lagi di Kayu Putih," kata Erwin.

Lurah Kayu Putih, Artika Ristiana mengungkapkan, dari 22 warga RT 11/09 yang sebelumnya dinyatakan positif COVID, 14 orang sudah dikirim ke Wisma Atlet. Kemudian, tiga dirujuk ke RS Jayakarta dan lima orang sisanya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Untuk mengantisipasi penyebaran COVID, lanjut Artika, pihaknya bersama jajaran tiga pilar mengadakan vaksinasi dan tes PCR.

"Vaksinasi ini hasil kerjasama jajaran Pemkot Jakarta Timur, Polres dan Kodim.  Tentunya yang divaksin ini adalah warga yang belum terpapar COVID dan yang hasil swab PCR nya negatif," ungkap Artika.

Bukan cuma itu, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah ini, jajaran Sudin Gulkarmat Jakarta Timur juga melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh jalan dan rumah warga.

Menurut Komandan Regu (Danru) Sektor Gulkarmat Kecamatan Pulogadung, Muji Hartana, dalam giat ini pihaknya mengerahkan satu unit mobil pemadam ukuran medium dengan kekuatan enam personel.

"Untuk jalan lingkungan disemprot menggunakan satu unit mobil pemadam ukuran medium. Sedangkan pemukiman warga dan Taman Pintar, disemprot menggunakan sprayer atau tangki semprot elektrik," tandasnya.